Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Tempat Wisata Alam Di Papua


8 Tempat Wisata Alam Di Papua
image via instagram@andholyno

Papua merupakan Pulau yang berada paling timur dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Wilayah Papua banyak memiliki banyak lokasi wisata indah yang merupakan destinasi wisata favorit bagi masyarakat dan membuat anda tentu ingin mengeksplore tempat-tempat wisata tersebut. Alamnya yang begitu luas dengan begitu banyak potensi obyek wisata,  baik di daratan maupun wisata bawah laut memang sudah tidak perlu diragukan lagi keindahannya dan ini menjadi surga bagi para traveler pecinta wisata alam di Indonesia.

Wilayah Papua tak hanya kaya dengan alamnya saja, akan tetapi wilayah Papua ini juga banyak menyimpan kearifan budaya lokal yang masih tetap bertahan dan terjaga kelestariannya ditengah modernisasi zaman saat ini. Mengeksplore tempat wisata alam di papua yang terkenal dengan keindahan alamnya tentu merupakan sebuah pengalaman yang sangat menarik dan menyenangkan untuk Anda.

Sebagai referensi untuk Anda, berikut ini saya akan mengulas 8 Tempat Wisata Alam Di Papua, antara lain:

1. TAMAN NASIONAL LORENTZ

Taman Nasional Lorenz
image via instagram@asrialdilaputri

Taman Nasional Lorentz ini merupakan salah satu dari tiga kawasan di dunia yang memiliki gletser (lapisan es) di daerah tropis yang membentang di puncak gunung setinggi 5.030 mdpl. Selain itu di kawasan Taman Nasional Lorenz  ini terdapat lebih dari  34 tipe vegetasi yang diantaranya berupa hutan rawa , hutan tepi sungai, hutan sagu, hutan gambut, pantai pasir karang, hutan hujan lahan datar, hutan kerangas, padang rumput dan lumut kerak.

Taman Nasional Lorentz merupakan sebuah kawasan Taman Nasional yang berada di Provinsi Papua, Indonesia. Taman Nasional seluas 22,4 juta Hektar ini merupakan Taman Nasional terbesar di Asia Tenggara yang merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO sejak tahun 1999 yang lalu. 

Selain karena banyak ditumbuhi oleh berbagai jenis tumbuhan (flora) dan hewan (fauna) yang termasuk langka, Taman Nasional Lorenz sangat banyak memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi dan ditunjang dengan keanekaragaman budaya yang sangat menggagumkan. Para Sejarawan telah memperkirakan bahwa kawasan ini telah berusia 30.000 tahun lebih dan merupakan tempat kediaman dari Suku Nduga (salah satu suku di Papua).

Untuk menuju ke kawasan Taman Nasional Lorentz, Anda bisa melalui Kabupaten Timika ke bagian utara menggunakan penerbangan perintis dan kebagian selatan menggunakan kapal laut melalui Pelabuhan Sawa Erma dan dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju ke beberapa lokasi yang ada di Taman Nasional Lorentz tersebut. Waktu terbaik untuk mengunjungi Taman Nasional Lorentz adalah sekitar bulan Agustus sampai dengan bulan Desember.  

Alamat Lengkap: Jl. Nawaripi Baru, Kamoro Jaya, Kec. Mimika Baru, Kabupaten Mimika, Papua 99971
Temukan Di Google Map

2. DANAU PAINAI

Danau Painai

Selain kawasan Taman Nasional Lorentz, salah satu tempat wisata alam di Papua yang sangat indah dan menari adalah Danau Paniai. Danau Painai adalah tempat wisata alam yang berada di Kabupaten Paniai, Papua. 

Danau Painai ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah dan terawat dengan sangat baik serta terjaga kelestariannya.  Danau Paniai lokasinya berada di wilayah pegunungan dengan udara yang sejuk pada ketinggian 1.700 mdpl, dan menyimpan banyak jenis ikan air tawar dan udang endemik Papua yang sudah sangat langka dan tidak dapat ditemukan di wilayah lainnya.

Bagi Anda yang ingin pergi berkunjung ke Danau Paniai, maka Anda dapat memulai menempuh perjalanan dari Kota Enarotali, yang merupakan Ibu Kota dari Kabupaten Paniai. Dari Kota Enarotali tersebut, nantinya tersedia dua jalur menuju ke kawasan Danau Paniai. 
  • Pertama, dengan menggunakan jalur darat dengan menyewa kendaraan. 
  • Kedua, melslui jalur udara dengan menumpang pesawat AMA dan AMAF jenis Cessna yang bisa mendarat di wilayah dataran tinggi.

Alamat Lengkap:Wiyoga / Geiketago, Paniai Bar., Kabupaten Paniai, Papua
Temukan Di Google Map

3. TAMAN NASIONAL TELUK CENDRAWASIH 

Taman Nasional Teluk Cendrawasih
image via instagram@andrikilua

Taman Nasional Teluk Cendrawasih merupakan salah satu tempat wisata alam di Papua yang cukup tenar dan populer. Keanekaragaman ekosistem yang ada  di kawasan Taman Nasional Teluk Cenderawasih ini merupakan habitat dari berbagai jenis flora dan fauna, baik yang dilindungi oleh pemerintah maupun yang tidak dilindungi. 

Adapun keanekaragaman fauna yang terdapat di dalam kawasan Tanan Nasional Teluk Cendrawasih, antara lain: 
  • Terumbu karang sebanyak 200 jenis
  • Ikan 209 jenis
  • Moluska 196 jenis
  • Reptil 5 jenis
  • Mamalia air 3 jenis
  • Burung (Aves) 37 jenis
  • Fauna darat 183 jenis.
Jenis ikan di Taman Nasional Teluk Cendrawasih yang diketahui hingga saat ini sebanyak 209 jenis dari 65 Famili.

Di kawasan Taman Nasional Teluk Cendrawasih (TNTC) ini juga sering dijumpai adanya spesies Duyung (Dugong Dugon), Lumba-lumba leher botol (Delphinus delphinus), ketam kelapa (Birgus latro), ikan kakatua besar (bumphead parrotfish, Bolbomethopon nuricatum), ikan pari rajawali totol (Aetobatus narinari), pari manta (Manta birostris), hiu reef whitetip (Triaenodon obesus), hiu blacktip (Charcarinus melanopterus), paus biru (Balaenoptera musculus), dan buaya muara (Crocodylus porosus).

Molusca yang tercatat di kawasan Taman Nasional Teluk Cendrawasih ini terdiri dari 196 jenis, yang berasal dari 3 klas dan 56 famili, dengan detail sebagai berikut: 
  • Dari klas Gastropoda atau keong 153 jenis
  • Bivalvia (moluska katup ganda atau kerang) 40 jenis
  • Cephalopoda 3 jenis
Diantara jenis-jenis molusca tersebut yang termasuk spesies dilindungi oleh pemerintah, antara lain: 

1. Dari famili Tridacnidae, yaitu Kima Raksasa (Tridacna gigas), Kima Besar (Tridacna maxima), Kima Tapak Kuda (Hippopus hippopus), dan Kima Lubang (Tridacna coreacea).

2. Dari famili Cymatidae, yaitu Triton Trompet (Charonia tritonis).

3. Dari famili Cassidae, yaitu Kima Kepala Kambing (Cassis cornuta).

4. Dari famili Trochidae, yaitu Lola (Trochus niloticus).

5. Dari famili Trubinidae, yaitu Batu Laga (Turbo marmoratus).

Beberapa jenis spesies penyu yang paling sering dijumpai, antara lain: 
  • Penyu Sisik (Eretmochelys imbricata)
  • Penyu Hijau (Chelonia mydas)
  • Penyu Sisik Semu/Lekang (Lephidochelys olivaceae)
  • Penyu Belimbing (Dermochelys coriacea)

Alamat Lengkap:Sobei Indah, Duairi, Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat 98362
Temukan Di Google Map

4. PULAU RUMBERPON 

Pulau Rumberpon
image via instagram@otsinarputri

Pulau Rumberpon merupakan pulau yang memiliki pesona pantai yang sangat indah dan mempesona. Pulau Rumberpon ini berada di sebelah utara Kabupaten Teluk Wondama dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Manokwari, di Papua Barat .

Pulau Rumberpon memiliki garis pantai yang sangat menarik dan indah dengan hamparan pasir putihnya yang bersih dan berkilau. Di pantai Rumberpon ini juga Anda juga bisa melakukan banyak aktivitas yang menyenangkan seperti berenang, snoorkeling, scuba diving, berselancar, jet sky dan memancing. 

Alamat Lengkap:Rumberpon, Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat
Temukan Di Google Map

5. KEPULAUAN RAJA AMPAT 

Kepaulauan Raja Ampat
image via instagram@rajaampattraveller

Kalau tempat wisata alam di Papua yang satu ini sudah sangat terkenal bukan hanya di Indonesia, akan tetapi juga di mancanegara. Kepulauan Raja Ampat merupakan rangkaian empat gugusan pulau yang saling berdekatan yang berada di bagian Barat Pulau Papua, Indonesia. 

Wilayah perairan kawasan wisata Raja Empat merupakan salah satu dari 10 perairan terbaik untuk melakukan penyelaman (diving) yang ada di dunia. Ada beberapa kawasan terumbu karang yang masih sangat baik kondisinya dan tentu saja sangat indah dengan persentase penutupan karang hidup hingga mencapai angka  90%, yaitu di selat Dampier (selat yang berada diantara  Pulau Waigeo dan Pulau Batanta), Kepulauan Kofiau, Kepualauan Misool Tenggara dan Kepulauan Wayag.

Tipe dari terumbu karang yang berada di kawasan perairan Raja Ampat pada umumnya adalah jenis terumbu karang tepi dengan kontur landai hingga curam. Akan tetapi ditemukan juga tipe atol dan tipe gosong atau taka. Bahkan dibeberapa tempat seperti di kampung Saondarek, ketika terjadi pasang surut air laut terendah pada siang hari, bisa disaksikan hamparan terumbu karang tanpa perlu menyelam dan dengan adaptasinya sendiri, terumbu karang tersebut tetap bisa bertahan hidup walaupun berada di udara terbuka dan terkena sinar matahari secara langsung.

Spesies bawah laut unik yang bisa Anda temukan pada saat melakukan penyelaman adalah beberapa jenis kuda laut katai, wobbegong, dan ikan pari Manta.  Selain itu ada pula beberapa jenis ikan endemik perairan raja ampat, seperti Eviota raja, yakni sejenis ikan gobbie. Di Manta point yang berada di Arborek selat Dampier, Anda bisa melakukan penyelaman dengan ditemani oelh beberapa ekor ikan Pari Manta yang jinak.

Jika Anda melakukan penyelaman (diving) di Cape Kri atau Chicken Reef, maka Anda bisa dikelilingi oleh ribuan spesies ikan. Terkadang berupa kumpulan ikan tuna, giant trevallies dan juga snappers. Akan tetapi yang menegangkan adalah jika Anda sedang menyelam dan dikelilingi oleh kumpulan ikan barakuda, yang walaupun sebenarnya relatif tidak berbahaya (yang berbahaya adalah ketika Anda bertemu dengan ikan barakuda soliter atau sendirian). 

Ikan Hiu karang juga kadang terlihat, dan kalau sedang beruntung, maka Anda juga bisa melihat penyu sedang diam memakan sponge atau berenang di sekitar Anda. Di beberapa tempat seperti di Salawati, Batanta dan Waigeo juga sering terlihat Dugong atau yang kita kenal sebagai spesies ikan duyung.

Alamat Lengkap:Waisai, Waigeo Sel., Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat  98482
Temukan Di Google Map

6. DANAU SENTANI

Danau Sentani Papua
image via instagram@jalanjalanke_sentani

Danau Sentani merupakan sebuah danau yang berlokasi dibawah lereng pegunungan cagar alam Cyclops yang memiliki luas area sekitar 245.000 hektar. Danau Sentani memiliki luas 9.360 hektar dan berada pada ketinggian 75 mdpl merupakan danau terluas yang ada di Papua.

Pemerintah daerah provinsi Papua sering menggelar acara Festival Danau Sentani yang biasanya diselenggarakan pada bulan Juni pada setiap tahunnya. Pada festival Danau Sentani ini Anda akan dapat berkeliling di tengah danau dengan 21 pulau kecil di dalamnya sambil menikmati tarian-tarian adat Papua di atas perahu atau menyaksikan upacara adat seperti penobatan Ondoafi dengan sajian berbagai macam jenis kuliner khas provinsi Papua.

Di danau Sentani ini Anda dapat menemukan sekitar 30 spesies ikan air tawar dan empat di antaranya merupakan endemik Danau Sentani, antara lain:
  • Ikan gabus Danau Sentani (Oxyeleotris heterodon)
  • Ikan pelangi Sentani (Chilatherina sentaniensis)
  • Ikan pelangi merah (Glossolepis incisus)
  • Ikan Hiu gergaji (Pristis microdon) 
Danau Sentani kini telah dijadikan sebagai salah satu lokasi wisata alam yang ada di provinsi Papua. Anda dapat melakukan banyak aktivitas menyenangkan di danau tersebut, seperti berenang, bersampan, menyelam, memancing, ski air serta wisata kuliner. 

Alamat Lengkap:Ebungfa, Sentani, Jayapura, Papua 99359
Temukan Di Google Map

7. DESA WISATA SAUWANDAREK 

Desa Suwandarek Papua
image via instagram@tina_jauw

Desa Sauwandarek adalah sebuah Desa wisata yang terletak di bagian barat Pulau Waisal, Kabupatan Raja Ampat, Papua Barat. Di desa ini Anda dapat menyaksikan rumah-rumah tradisional Papua yang beratapkan daun jerami. Bukan itu saja, di desa Sauwandarek ini juga terdapat sebuah danau berair asin yang dikenal dengan nama Danau Yenauwyau dan karang yang sangat indah yang  berada dibagian belakang desa tersebut.

Selain memiliki panorama desa yang sangat indah dan menawan, desa ini juga banyak menjajakan cindera mata khas Papua seperti tas atau topi yang dibuat sendiri oleh penduduk desa tersebut. Cinderamata di desa ini menggunakan bahan-bahan alami yang ada di sekitar desa seperti daun pandan laut. Desa Sauwandarek ini memang belum begitu populer di kalangan traveller, akan tetapi Anda akan langsung terpesona ketika pertama kali mengunjungi desa tersebut. 

Untuk dapat mencapai desa ini Anda bisa menggunakan jalur udara atau darat ke kota Sorong. Dari Sorong, Anda kemudian bisa menggunakan jalur laut dengan menggunakan kapal motor atau speed boat dengan lama perjalanan sekitar 2 jam.

Alamat Lengkap: Sauandarek, Meos Mansar, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat.
Temukan Di Google Map

8. LEMBAH BALIEM 

Lembah Baliem
image via instagram@davidmuslim

Kawasan Lembah Baliem merupakan tempat tinggal asli bagi suku Dani, Yali dan Lani yang bermukim di sekitar Pegunungan Jayawijaya Papua. Lembah Baliem ini berada di ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut (mdpl) sehingga membuat suhu di tempat ini bisa mencapai 10-15 derajat Celcius pada malam hari. Ketika Anda berkunjung ke tempat ini, terutama di bulan Agustus, maka Anda bisa menyaksikan acara festiva lembah Baliem yang sudah sangat populer dan terkenal bahkan hingga ke mancanegara. 

Festival lembah Baliem ini di selenggarakan selama tiga hari ini. Festival ini sebenarnya merupakan cara pemerintah untuk menghapuskan perang antar suku yang kerap terjadi di lembah Baliem ini. Perang antar suku kini telah secara resmi dilarang, dan sebagai gantinya kemudian diadakan festival lembah Baliem ini yang mengubah tradisi perang antar suku tersebut menjadi pertunjukan seni dan budaya untuk mengundang wisatawan.

Dalam festival perang - perangan ini, ada skenario tertentu yang dijalankan. Biasanya perang akan diawali dengan penculikan perempuan oleh salah satu suku atau pencurian babi yang menjadi hewan ternak di sini. Selanjutnya, perang akan berlangsung dengan diawali tarian suku dan diiringi dengan musik tradisional Papua. 

Selain perang - perangan, ada juga lomba karapan babi antar desa dan pesta babi bakar. Anda juga bisa membeli kerajinan tangan hasil karya suku setempat sebagai buah tangan (souvenir) saat pulang nanti.

Alamat Lengkap:Jl. Di Panjaitan, Wamena Kota, Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua 99511
Temukan Di Google Map

Demikianlah uraian artikel tentang  8 Tempat Wisata Alam Di Papua. Semoga bisa menjadi referensi untuk Anda ketika sedang berlibur di Papua. Jangan lupa berkunjung ke blog saya di www.mediatravelling.com untuk membaca artikel - artikel menarik lainnya.

Post a Comment for "8 Tempat Wisata Alam Di Papua"