Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar 12 Tempat Wisata Populer Di Sumatra Barat


Provinsi Sumatra Barat memang merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang di anugrahi kekayaan alam, budaya , tradisi dan adat istiadat yang sangat benakaragam.  Oleh karena itu tidak salah rasanya jika kita coba untuk mengeksplore apa saja sih yang menjadi daya tarik provinsi Sumatra Barat ini, terutama dari sektor pariwisatanya.

Pada artikel kali ini, saya masih akan membahas tentang sektor pariwisata di provinsi yang berada di sebelah barat pilau Sumatra ini. Dimana pada artikel sebelumnya saya telah membahas tentang daftar 6 Tempat wisata sejarah di Sumatra Barat, maka pada artikel ini saya akan membahas tentang Daftar 12 Tempat Wisata Populer Di Sumatra Barat, yang bisa menjadi referensi untuk Anda.

Simak yuk, ulasannya berikut ini:

1. SITINJAU LAUIK 

image via instagram@skyscrapercity_padang


Sitinjau Lauik sering di sebut dengan sebutan Padang Scenic Point. Kawasan ini merupakan tempat wisata alam dimana Anda dapat menikmati pemandangan alam yang begitu luas dan hijau dengan latar belakang Samudera Hindia di kejauhan pada ketinggian 1000 meter diatas permukaan air laut (mdpl). Kawasan wisata Sitinjau Lauik ini memiliki udara yang yang sangat sejuk khas pegunungan dan bebas dari polusi.  Sejauh mata Anda memandan, maka Anda akan dimanjakan dengan hamparan keindahan alam yang begitu cantik dan mempesona.

Pada malam haripun keindahan di Sitinjau Lauik ini justru lebih terasa karena Anda akan melihat kerlap - kerlip lampu-lampu yang berpijar di pusat kota yang menjadikan suasana menjadi sangat romantis. 

Di kawasan ini terdapat dua pos pengamatan, yaitu:
Pos 1 lokasinya tidak terlalu tinggi sehingga pandangan masih terhalang oleh perbukitan. 
Pos 2 di tandai adanya gazebo dengan desain khas rumah adat Minangkabau, dan di pos 2 inilah yang di sebut sebagai Padang Scenic Point karena dari tempat ini Anda akan melihat pemandangan alam yang begitu luas tanpa terhalang oleh apapun.

Alamat lengkap: Jl. Selayo - Padang, Indarung, Kec. Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumatera Barat 25168
Temukan Di Google Map

2. JANJANG SERIBU (JANJANG KOTO GADANG)

image via instagram@andriwanov



Memang tidak ada habisnya membahas tempat wisata di Sumatera Barat, nah tempat wisata yang satu ini memiliki anak tangga sebanyak seribu.  Tangga ini di buat untuk menyusuri tebing menuju kebawah lembah Ngarai Sianok. Dahulu Janjang Seribu di manfaatkan oleh penduduk sekitar untuk jalan mengambil air, namun sekarang sudah jarang dilakukan karena penduduk desa sudah menggunakan angkutan umum.

Kini Janjang Seribu menjadi salah satu obyek wisata untuk penghobi petualangan dengan menghadirkan wahana tracking. Keindahan alam di sekitar tegaknya Gunung Merapi dan gunung Singkalang yang tampak mempesona dari kejauhan. Hal tersebut akan menjadi obat pelepas lelah dengan di lengkapi kesejukan dan keasrian alam yang cantik.

Alamat lengkap: Kayu Kubu, Kec. Mandiangin Koto Selayan, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat 26115
Temukan Di Google Map

3. LOBANG JEPANG

image via instagram@desiaulia09

Lobang jepang ialah obyek wisata bersejarah yang ada di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia. Lobang Jepang dulunya merupakan sebuah trowongan pertahanan yang di bangun secara paksa oleh penjajahan Jepang pada tahun 1942. Panjangnya mencapai 1400 meter dan lebar 2 meter dengan rute yang berkelok-kelok.

Di sepanjang trowongannya terdapat ruangan khusus di antaranya adalah ruang penyergapan, ruang pengintaian, ruang penjara dan gudang senjata. Lokasinya yang strategis, dahulunya merupakan pusat pusat pemerintahan sumatera Tengah. Bahan untuk membuat dinding ialah tanah berjenis yang jika bercampur air akan semakin kokoh, bahkan gempa yang mengguncang daerah Sumatera Barat pada tahun 2009 silam tidak banyak merusak bangunan trowongan ini.

Alamat lengkap: Jl. Panorama, Bukit Cangang Kayu Ramang, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat 26138
Temukan Di Google Map

4. JAM GADANG

image via instagram@naufalyulian


Kata Jam Gadang dalam bahasa Minangkabau mempuyai makna Jam Besar atau Jam Raksasa. Jam Gadang merupakan nama sebuah menara yang terletak di pusat Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia. Menara ini memiliki jam berukuran besar di empat sisinya, selain sebagai pusat penanda Kota Bukittinggi tempat ini menjadi sebagai obyek wisata berhiaskan taman di sekitarnya.

Keunikan angka 4 dalam penulisan di Jam Gadang ini adalah IIII, seharusnya angka romawi angka 4 ialah IV. Jam tersebut di datangkan dari Rotterdam, Belanda melalui Pelabuhan Teluk Bayur serta digerakkan secara mekanik oleh mesin yang hannya di buat 2 unit saja di dunia yaitu Jam Gadang dan Big Ben di London, Inggris.

Alamat lengkap: Jl. Raya Bukittinggi - Payakumbuh, Benteng Ps. Atas, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat 26136
Temukan Di Google Map

5. BUKIT LANGKISAU 

image via instagram@ayokepessel


Bukit Langkisau yaitu perbukitan yang berderet memanjang di sisi sebelah utara Kota Painan. Jalan menuju ke Bukit Langkisau melalui jalanan beraspal yang menanjak dan langsung sampai ke puncaknya. Jadi untuk menuju puncaknya tidak perlu susah payah berjalan atau menyusuri hutan, cukup menggunakan kendaran sudah bisa sampai kepuncak Bukit Langkisau.

Dengan akses yang cukup mudah menjadikan bukit ini lebih terbuka untuk semua orang, para wisatawan biasanya melakukan kegiatan paralayang ataupun sekedar menikmati paronamanya. Bukit Langkisau sudah di kenal oleh para pecinta olahraga paralayang, pada salah satu sisi puncaknya sudah tersedia tempat khusus.

Alamat lengkap: Jl. Langkisau, Salido, Iv Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat 25651
Temukan Di Google Map

6. PUNCAK LAWANG

image via instagram@risaceslya


Ketinggian Puncak Lawang berada pada 1210 meter dpl, di ketinggian ini kita bisa leluasa menikmati keindahan paronama di kawasan Tanah Maninjau. Dari sini Kita juga dapat menyaksikan Smudera Hindia di sebelah barat perbukitan Danau Maninjau. Selain itu Puncak Lawang di jadikan lokasi olahraga paralayang dan pernah di gelar Event Internasional.

Pada jaman penjajahan, tempat wisata ini digunakan sebagai tempat peristirahatan bangsawan Belanda. Untuk sampai ke lokasi Puncak Lawang, para wisatawan akan melalui jalur jalan satu-satunya yaitu kelok 44. Puncak Lawang terletak di Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Indonesia.

Alamat lengkap: Lawang, Matur, Kabupaten Agam, Sumatera Barat 26162
Temukan Di Google Map

7.  ISTANA PAGARUYUNG

image via instagram@mnradilas

Obyek wisata yang cukup menarik dan merupakan salah satu icon dari kebudayaan suku Minang. Isata Pagaruyung saat ini adalah replica, namun tidak mempegaruhi wisatawan datang untuk mengetahui sejarah kebudayaan Minangkabau. Lokasi dan transportasi letaknya tidak terlalu sulit untuk di jangkau, berjarak 5 km dari Batu Sangkar.

Loakasinya berada di Nagari Pagaruyung, Kecamatan Tanjung Emas, Kabupate Tanah Datar, Sumatera Barat. Untuk sampai ke lokasi traveler bisa menggunakaan berbagai macam jenis kendaran seperti kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Alamat lengkap: Limo Kaum, Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat 27281
Temukan Di Google Map

8. KAWASAN WISATA MANDE

image via instagram@anozacitra_2701



Mandeh ini adalah kawasan wisata yang berada di Kecamatan Koto IX Tarusan yang berbatasan langsung degan Kota Padang. Kawasan Wisata Mandeh mencakup 7 kampung dan 3 Nagari, kawasan ini juga disebut sebagai Mandeh Resort yang sudah dikenal nasional maupun internasional. Kawasan Wisata Mandeh kini menjadi destinasi utama sebagai wisata bahari nan cantik.

Lokasi di kawasan ini disebut Mandeh Resort karena di salah satu Kampung yang bernama Kampung Mandeh yang terletak di tengah Teuk Carocok Tarusan. Teluk carocok Tarusan memiliki pantai yang landai dan tidak berombak, kerena disekitarnya terdapat beberapa pulau kecil yakni Pulau Traju, Pulau Setan Besar dan Kecil, Pulau sironjong Besar dan Kecil, serta Pulau Cubadak.

Tidak berlebihan bila kawasan ini di juluki sebagai The Paradise In The South ( Surga Selatan di Bagian selatan Provinsi Sumatera Barat ). Di surga inilah kedamaian bisa anda dapatkan dan penduduk memanfaatkan ketenangan serta kedamaian teluk ini dengan melayarinya, menyelam ataupun berlayar dengan menggunakan kapal penangkap ikan.

Sedangkan pengunjung yang datang biasanya memanfaatkan danau laut untuk berenang, menyelam, maupun bersnokerling untuk menikmati keindahan bawah laut yang berisikan bermacam jenis karang dan biota laut nan eksotik.

Alamat lengkap: Ampang Pulai, Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat
Temukan Di Google Map

9. PUNCAK ANAI RESORT GOLF COURSE

image via instagram@cici_putri_sari


Puncak Anai jika dari Bandara International Minangkabau ( BIM ) hanya berjarak sekitar 40 km menuju ke Kota Bukittinggi dengan waktu selama 1 jam perjalanan. Anani Resort memiliki luas 400 ha dan di ketinggian 700 meter dpl ini berada dikaki Gunung Tandikat. Karena lokasinya berada di tempat yang tinggi membuat suhu udaranya dingin, tentunya bisa membuat nyaman para Golfer.

Adapula bangunan villa dengan desain bertema keaslian alam sekitar semakin menciptakan suasana natural bagi penikmat pecinta alam. Selain bermain golf masih ada kegiatan lain yang dapat Anda lakukan misalnya berenang, flying fox atau menjelajah hutan tropis.

Alamat lengkap: Kayu Tanam, Guguak, 2 X 11 Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat 26161
Temukan Di Google Map

10. PANTAI MUARO BINGUANG 

image via instagram@andiani_anggy94

Pemandangan alam yang tersajikan di pantai Muaro Binguang adalah hutan bakau dengan pemandangan pantai yang mempesona. Hutan bakau disini di dominasi oleh pohon bakau ( Rhizophora sp ) dan nipah ( Nypa fructicans ). Kombinasi pohon ini semakain seru dengan adanya monyet ekor panjang, pengunjung bisa berkeliling hutan bakau dengan menggunakan perahu sewa milik nelayan.

Setelah puas mengelilingi hutan mangrove, cobalah mengunjungi pantai yang begitu mempesona. Pantai ini bernama Muaro Binguang dengan keadaan pantai yang bersih dan berpasir putih, namun kalian harus berhati-hati jika ingin berenang. Sebab pantai ini memiliki ombak yang cukup besar yang sangat berpotensi jika di kembangkan sebagai areal surfing ( Berselancar ).

Pantai Muaro Binguang berada di Kecamatan Kinali, lokasinya cukup terpencil dan jauh dari keramaian. Sepanjang jalan jalurnya melewati perkebunan kelapa sawit milik perusahaan swasta dan warga setempat. Sangat amat disarankan mebawa kendaraan lebih dari satu, karena mengingat jaraknya yang jauh dan jarang sekali perumahan warga.

Alamat lengkap: Punggasan Utara, Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat 25666
Temukan Di Google Map

11. JEMBATAN AKAR PESISIR SELATAN

image via instagram@konveksigamisbukittinggi


Jembatan Akar terbuat dari dua akar pohon yang dianyam sedemikian rupa yang tumbuh berseberangan dan membentang di atas sungai Batang Bayang di Kecamatan Bayang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Masyarakat setempat menyebut Jembatan akar dengan nama Titian Aka, panjang Jembtan Akar 25 meter dan lebarnya 1,5 meter.

Konon jembatan ini mulai di bangun pada tahun 1890 dan bisa digunakan pada tahun 1916. Dulunya pendesain Jembatan Akar ini adalah seorang Ulama bernama Pakih Sokan yang bertujuan untuk menghubungkan dua kampung. Uniknya semakin lama bangunan ini semakin kuat dan kokoh, sangat berbeda dengan bangunan yang lain memang sangat jenius sekali pendesainnya.

Alamat lengkap: Puluik Puluik, IV Nagari Bayang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat 25652
Temukan Di Google Map

12. JEMBATAN SITI NURBAYA

image via instagram@iman_sopian18


Jembatan yang membentang sepanjang 156 meter di atas Sungai Batang Arau, Kota Padang, Sumatera Barat menghubungkan pusat kota dengan seberang Padang dan akses menuju Gunung Padang. Pada malam hari di sekitar kawasan jembatan akan di penuhi penjual makanan yang menawarkan kuliner khas Padang.

Para pedagang menjual sate Padang, soto Padang, pisang Bakar, jagung bakar dan minuman khas sesuai selera. Selain itu Anda dapat menikmati keindahan lereng Gunung Padang berhiaskan kerlap-kerlip lampu dari pemukiman warga.

Alamat lengkap: Jl. Kp. Batu, Batang Arau, Kec. Padang Sel., Kota Padang, Sumatera Barat
Temukan Di Google Map

13. TAMAN MARGASATWA DAN BUDAYA KINANTAN

image via instagram@ofanto90


Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan atau bisa di sebut Kebun Binatang Bukittinggi merupakan sebuah kebun binatang yang letaknya di atas Bukit Cubadak Bungkuak Bukittinggi, Sumatra Barat, Indonesia. Tempat wisata margasatwa ini merupakan salah satu kebun binatang tertua di Indonesia dan hanya satu-satunya di Provinsi Sumatera Barat yang mempunyai koleksi hewan terlengkap di Pulau Sumatera.

Pada awalnya kebun binatang ini  di bangun oleh pemerintahan Hindia Belanda dengan nama stormpark ( Kebun Bunga) pada tahun 1990-an. Pembangunannya di arsistekturi oleh Gravenzande, Controleur Belanda. Mulanya hanya berupa taman, kemudian pada 3 juli 1929 beberapa koleksi hewan mulai dimasukkan kedalam taman tersebut. setelah itu tempat tersebut berganti nama menjadi Fort De Kocksche.

Tidak Cuma itu di tahun 1935, pada kawasan ini dibangun Rumah Adat Baanjuang ( Rumah Gadang ) yang memiliki 9 ruangan serta ajungannya berada di bagian kanan dan kiri. Kemudian terjadi perubahan nama lagi menjadi Taman Puti Bungsu, dan pada tahun 1995 terjadi perubahan nama yaitu Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan.

Alamat lengkap: Jl. Cindua Mato, Benteng Ps. Atas, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat 26136
Temukan Di Google Map

Post a Comment for "Daftar 12 Tempat Wisata Populer Di Sumatra Barat"