Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

25 Tempat Wisata Edukasi Hits Dan Populer Di Semarang


Wisata Edukasi Hits Dan Populer Di Semarang

Selain memiliki kawasan wisata pantai, kuliner, heritage dan kawasan wisata lainnya, kota Semarang juga menyimpan potensi wisata edukasi yang sangat banyak. Beberapa lokasi wisata edukasi tersebut bahkan sudah sangat populer dan hits di kota Semarang ini.

Berikut ini media travellinf telah merangkum 25 Tempat Wisata Edukasi Hits Dan Populer Di Semarang sebagai referensi untuk Anda, antara lain :

1. Langen Tirto Muncul

Wisata Edukasi Hits Dan Populer Di Semarang

Kawasan wisata edukasi Langen Tirto Muncul merupakan tempat wisata edukasi yang berada di Kabupaten Semarang. Lokasi Langen Tirto Muncul terletak di desa Rowo Bone atau tepatnya di Kecamatan Banyu Biru di lereng Gunung Gajah Mungkur. Langen Tirto Muncul merupakan tempat wisata alam sekaligus sebagai tempat  wisata edukasi yang sangat recommended untuk Anda kunjungi.

Pemandangan alam adalah satu daya tarik dan keunggulan yang di tawarkan oleh kawasanwisata edukasi ini. Banyak wahana yang menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi kawasan wisata Langen Tirto Muncul ini, diantaranya adalah kolam pancing, kebun binatang mini, rumah makan dan juga tempat bermain untuk anak-anak. 

Informasi seputar Langen Tirto Muncul 

Jam Buka : Jam 08.30 - Jam 16.30 Wib
Harga Tiket : Rp. 5.000

Alamat Lengkap : Jalan Muncul Raya Rowoboni Banyubiru, Rowoganjar, Rowoboni, Banyubiru, Semarang, Jawa Tengah 50664

Temukan di Google Map


2. Museum MURI

Wisata Edukasi Hits Dan Populer Di Semarang

Lokasi Wisata Edukasi selanjutnya di kota Semarang adalah Museum MURI. Museum MURI atau disebut juga Museum Rekor Dunia Indonesia merupakan museum yang terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan No 275, Semarang. Museum MURI didirikan pada tahun 1990 atas prakarsa dari seorang budayawan terkenal tanah air yakni Jaya Suprana. Tempat wisata edukasi di Semarang ini terletak di kawasan industri pabrik Jamu Jago dengan luas bangunan sekitar 600 m2. Beberapa buah ruangan yang ada di museum ini antara lain ruang ekshibisi data dan foto, balai pertemuan, ruangan koleksi foto-foto dan juga benda bersejarah lainnya.

Museum MURI ini adalah lembaga resmi pertama yang menyimpan data-data berbagai jenis rekor yang ada di Indonesia. Data rekor-rekor yang ada di museum ini tidak hanya rekor nasional saja, akan tetapi ada juga data rekor dunia. 

Sebagai tambahan, untuk sekolah, lembaga dan lainnya yang ingin berkunjung secara rombongan di harapkan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu kepada pengelola Museum tersebut. Anda bisa menghubungi nomor telepon (024) 7475172.

Informasi seputar Museum MURI

Jam Buka : Jam 09.00 - Jam 14.00 Wib
Harga Tiket : Gratis

Alamat Lengkap : Jl. Perintis Kemerdekaan No.275, Srondol Kulon, Kec. Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah 50263

Temukan di Google Map


3. Museum Perkembangan Islam Jawa Tengah

Wisata Edukasi Hits Dan Populer Di Semarang

Museum Perkembangan Islam Jawa Tengah adalah sebuah museum yang terletak di Jalan Gajah, Semarang dan berada satu kompleks dengan Masjid Agung Jawa Tengah, atau tepatnya berada di lantai 2 dan 3 Tower Asmaul Husna. Beberapa contoh koleksi dari museum ini antara lain adalah berbagai macam jenis artefak Al-Quran, wayang golek, gayor masjid Sunan Muria, ornamen masjid Mantingan, koleksi peninggalan Islam awal, miniatur menara Kudus, dan sebagainya.

Informasi seputar Museum Perkembangan Islam Jawa Tengah

Jam Buka : Jam 08.00 - Jam 15.00 Wib (Khusus Senin Tutup)
Harga Tiket : 

Alamat Lengkap : Jl. Gajah Raya No.Kelurahan, Sambirejo, Kec. Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah

Temukan di Google Map


4. Kebun Binatang Semarang

image : semarangzoo.co.id

Kebun binatang Semarang atau di kenal oleh masyarakat sebagai Semarang Zoo adalah lokasi wisata edukasi yang sangat populer di Semarang.  Kebun binatang ini berada di daerah Mangkang ini mulai jam 8 pagi hingga jam 5 sore. Sementara untuk wahana permainannya sendiri, mulai buka dari jam 08.30 Wib dan tutup jam 15.30 Wib.

Jika berkunjung ke Semarang Zoo ini Anda akan mendapatkan potongan harga tiket masuk jika datang secara rombongan dengan jumlah minimal 30 orang. Sementara untuk anak - anak dengan tinggi badan di bawah 80 cm cukup membayar setengah harga saja.

Anda bisa mengecek informasi lainnya di website resmi Semarang Zoo.

Informasi seputar Kebun Binatang Semarang

Jam Buka : Jam 08.00 - Jam 17.00 Wib
Harga Tiket : Rp. 10.000 (Senin - Jum'at) dan Rp. 15.000 (Sabtu - Minggu)

Alamat Lengkap : Sumberejo, Kaliwungu, Mlaten, Sumberejo, Kec. Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah 50244

Temukan di Google Map

5. Taman Budaya Raden Saleh 

Wisata Edukasi Hits Dan Populer Di Semarang
image : [email protected]_preschool

Berdirinya sebuah taman budaya di setiap daerah selain sebagai salah satu tujuan wisata terutama wisata edukasi, juga merupakan representasi ada atau tidak adanya seniman di daerah tersebut.

Jika di kota Jakarta terdapat pusat kebudayaan yakni Taman Ismail Marzuki, dan di Yogyakarta terdapat Taman Budaya Yogyakarta, maka kota Semarang juga punya Taman Budaya yakni Taman Budaya Raden Saleh.

Pada mulanya taman budaya ini adalah sebuah kebun binatang. Setelah kebun binatang dipindah, kemudian dirubah menjadi sebuah taman budaya. Itulah yang menyebabkan mengapa taman budaya ini sebagian besar lokasinya masih berkontur tanah dan dipenuhi oleh pohon - pohon besar.

Ketika memasuki lokasi taman budaya tersebut, maka kita akan disambut oleh patung Raden Saleh yang sedang menggenggam erat keris. Coretan-coretan di dinding tembok berupa seni mural dan grafiti makin memperkental aura seni di taman budaya ini. Terdapat banyak nilai-nilai yang ingin disampaikan dari coretan-coretan tersebut, seperti indahnya kebersamaan dalam kedamaian sampai pesan-pesan agar masyarakat mau mencintai dan melestarikan keberagaman di kota Semarang.

Di seberangnya terdapat gedung kesenian Ki Narto Sabdo, sebuah gedung yang memiliki ornamen khas kota Semarang ini adalah tempat yang biasanya digunakan sebagai tempat pementasan seni dan budaya.

Di depan pintu masuk gedung kesenian  tersebut terdapat patung Ki Narto Sabdo, seorang maestro wayang Jawa Tengah, dan di bawah patung tersebut terdapat prasasti bertuliskan "lewat tembang hidupku untukmu negeriku."

Pertunjukan atau pementasan seni biasanya digelar setiap malam Minggu. Pementasan tersebut berupa wayang orang, pembacaan puisi, atau pementasan seni teater yang biasa dibawakan oleh Teater Lingkar.

Kemudian di sebelah gedung Ki Narto Sabdo berderet gallery seni yang menjual berbagai pernak-pernik hasil kesenian para seniman kota Semarang. Berbagai macam jenis lukisan juga dipajang dan dijual di gallery tersebut.

Informasi seputar Taman Budaya Raden Saleh

Jam Buka : Jam 06.00 - Jam 24.00 Wib
Harga Tiket : Gratis

Alamat Lengkap : Jl. Sriwijaya No.29, Tegalsari, Kec. Candisari, Kota Semarang, Jawa Tengah 50614

Temukan di Google Map

Selain kelima lokasi wisata edukasi yang ada di kota Semarang tersebut, masih ada banyak lagi tempat wisata edukasi lainnya di kota ini. Berikut ini adalah daftar tempat wisata edukasi lainnya yang ada di kota Semarang, antara lain :
  1. Old City 3D Trick Art Museum
  2. Semarang Gallery / Semarang Contemporary Art Gallery
  3. Museum Jamu Nyonya Meneer
  4. Museum Jamu Jago
  5. Lawang Sewu
  6. Kelenteng Sam Poo Kong
  7. Kota Lama
  8. Museum Mandala Bhakti
  9. Museum Kereta Ambarawa
  10. Pagoda Buddhagaya Watugong
  11. Benteng Pendem Ambarawa
  12. Agrowisata Kampung Kopi Banaran
  13. Candi Gedong Songo
  14. Kampoeng Wisata Taman Lele
  15. Kebun Buah Boja
  16. Taman Pandanaran
  17. Taman Madukoro
  18. Kebun Durian dan Wisata Edukasi Watu Simbar
  19. Taman Kelinci Tuntang
  20. Museum Ronggowarsito
Demikianlah ulasan artikel mengenai 25 Tempat Wisata Edukasi Hits Dan Populer Di Semarang. Semoga berguna dan bermanfaat bagi Anda semua.

Post a Comment for "25 Tempat Wisata Edukasi Hits Dan Populer Di Semarang"