Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wisata Kuliner Jawa Tengah-6 Tempat Makan Tradisional Hits Dan Populer Di Semarang


6 Tempat Makan Tradisional Hits Dan Populer Di Semarang

Provinsi Jawa Tengah adalah salah satu provinsi dengan penduduk terbanyak di Indonesia. Provinsi Jawa Tengah sejak zaman dahulu kala telah menjadi pusat peradaban dan kemajuan di tanah Jawa, jauh sebelum era modern seperti sekarang ini.

Kota Semarang adalah Ibukota Provinsi Jawa Tengah. Kota Semarang sendiri berlokasi di daerah pantai utara pulau Jawa di mana pada zaman dahulu wilayah tersebut merupakan pusat jalur perdagangan dan ekonomi kerajaan - kerajaan di Nusantara.

Berwisata dan bernostalgia di kota Semarang tidak lengkap rasanya jika tidak mngeksplore dan menjelajahi pusat - pusat wisata kuliner di daerah ini karena di kota Semarang ini banyak sekali terdapat tempat - tempat makan yang menyajikan menu makanan yyang unik dan enak, baik tempat makan modern maupub tradisional.

Berikut ini media travelling akan membagikan kepada Anda tentang 6 Tempat Makan Tradisional Hits Dan Populer Di Semarang, sebagai referensi dan juga panduan untuk Anda dalam menjelajahi kuliner di kota ini.

Keenam tempat makan tradisional tersebut adalah sebagai berikut :

1. PUJASERA SIMPANG LIMA

6 Tempat Makan Tradisional Hits Dan Populer Di Semarang

Kawasan Pujasera Simpang Lima adalah tempat makan pertama yang harus Anda kunjungi. Letaknya berada di pusat kota Semarang yakni kawasan Simpang Lima yang sudah sangat terkenal. Di tempat ini banyak sekali penjual makanan atau kuliner yang beraneka ragam. Selain itu Anda juga memilih jenis minuman yang sangat bervariasi sesuai dengan pilihan Anda.

Pujasera Simpang Lima Semarang ini akan tampak lebih ramai mulai sore hari hingga malam hari, karena banyak orang - orang yang pergi untuk sekedar hangout dan nongkrong di tempat ini.

Berbagai macam jenis menu yang ditawarkan di Pujasera Simpang Lima Semarang  ini antara lain sate kambing, ikan bakar, seafood khas Lamongan, ayam penyet, coto makassar, soto Semarang, bakso tenis, pisang bakar, gudeg koyor, nasi goreng pete, roti bakar dan masih banyak lagi pilihan menu yang lainnya. Kalau saya sebutkan satu persatu rasanya daftranya akan sangat panjang.

6 Tempat Makan Tradisional Hits Dan Populer Di Semarang

Harga makanan di kawasan Pujasera Simpang Lima ini di jamin sangat bersahabat dengan kantong Anda. Meskipun makanannya enak - enak dan lezat namun harganya termasuk sangat murah dan sangat worth it. 

Selain menikmati suasana malam di Simpang Lima Semarang sambil makan, Anda juga bisa berphptp - photo di tempat ini, tentunya setelah selesai makan ya. Anda juga bisa menyewa sekuter listrik untuk berkeliling di kawasan Simpang Lima Ini. Pokoknya kalau Anda ke Semarang tidak lengkap rasanya kalau tidak mampir ke kawasan Simpang Lima dan kawasan Pujaseranya.

Informasi Seputar Pujasera Simpang Lima

Jam buka : Jam 17.00 Wib - jam 05.30 Wib
Alamat Lengkap : Mugassari, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah 50249

Rentang harga makanan mulai dari Rp.5.000

Temukan Di Google Map


2. KEDAI BERINGIN SEMARANG

6 Tempat Makan Tradisional Hits Dan Populer Di Semarang

Kedai Beringin Semarang adalah tempat makan tradisional yang layak untuk Anda kunjungi selanjutnya. Kedai Beringin memiliki satu menu yang sangat terkenal enak yaitu Nasi Hainan Ayam Panggang. Kedai Beringin ini selalu ramai di kunjungi oleh para pcinta kuliner di kota Semarang ini. Meskipun pada hari kerja (weekday) sekalipun, ternyata Kedai Beringin tidak pernah sepi dari pengunjung.

Kedai Beringin berlokasi di Jalan Imam Bonjol 114, Semarang. Letaknya berada tepat di seberang Stasiun kereta api Poncol Semarang, di pertigaan Jalan Tanjung dan Jalan Imam Bonjol. Tempat dan halaman parkir kendaraannya ternyata cukup luas sehingga Anda tidak merasa khawatir jika tidak dapat memarkirkan kendaraan Anda disini. Tempat Makannya sendiri juga memiliki ruangan yang cukup luas, dimana Anda bisa memilih ruangan indoor ber-AC atau outdoor.

Selain Nasi Hainan Ayam Panggang, ada pula Nasi Hainan Bebek Panggang, Nasi Ayam Goreng Mentega, dan Bubur Ayam sebagai menu utamanya. Sebagai menu pembuka Anda dapat memilih Lumpia Goreng Kulit Tahu dan Kuo Tiek. Sementara untuk minumannya Anda bisa memesan Es Liang Teh, Jus Worte, Es Teh Tarik, atau Es Kopi Tarik. 

6 Tempat Makan Tradisional Hits Dan Populer Di Semarang

Nasi Hainan Ayam Panggang dan Nasi Hainan Bebek Panggang memiliki cita rasa yang enak, gurih, wangi dan sedap. Ayam panggangnya terlihat kesat dan tidak berminyak, terasa crispy di bagian luar tetapi dagingnya empuk di bagian dalam. Sedikit berbeda mungkin dengan bebek panggangnya, karena bebek panggang tampak lebih berminyak. Hal itu di sebabkan karena lemak pada bebek lebih tebal daripada ayam. 

Informasi Seputar Kedai Beringin Semarang

Jam buka : Jam 08.00 Wib - jam 21.30 Wib
Alamat Lengkap : Jl. Imam Bonjol No.114, Sekayu, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50132

Rentang harga makanan mulai dari Rp. 10.000

Temukan Di Google Map


3. SOTO BANGKONG SEMARANG

6 Tempat Makan Tradisional Hits Dan Populer Di Semarang

Soto Ayam dan Ayam Goreng Bangkong merupakan salah satu ikon Kuliner Kota Semarang yang cukup populer karena rasanya yang lezat. Lokasi tempat Soto Ayam dan Ayam Goreng Bangkong ini berada di samping Kantor Pos Bangkong (yakni di perempatan Jalan MT Haryono dan jalan Brigjen Katamso). Selain di kota Semarang ini, soto Ayam dan Ayam goreng Bangkong ini juga telah membuka cabang di beberapa kota besar yang lain seperti di Jakarta dan Bogor.

Beberapa jenis menu yang ada di Soto Bangkong Semarang ini antara lain :
  • Soto Ayam
  • Ayam Goreng
  • Garang Asem
  • Sate Ayam
  • Sate Kerang
  • Sate Telor
  • Tempe Bergedel
  • Rempelo Ati Goreng Dan Semur
  • Brutu Goreng
  • Sayap Goreng
  • Menthok Goreng

Dan masih banyak lagi menu lain yang tersedia di tempat ini.

6 Tempat Makan Tradisional Hits Dan Populer Di Semarang

Informasi Seputar Soto Bangkong Semarang

Jam buka : Jam 07.00 Wib - jam 21.30 Wib
Alamat Lengkap : Jl. Brigjen Katamso No.1, Karangtempel, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah 50242

Rentang harga mulai dari Rp. 13.000

Temukan Di Google Map


4. SATE PAK KEMPLENG 8 AMBARAWA

6 Tempat Makan Tradisional Hits Dan Populer Di Semarang

Sate Pak Kempleng Ambarawa ini merupakan salah satu tempat makan tradisional yang sudah sangat terkenal di kota ini. Sesuai dengan namanya maka tempat ini menyediakan menu makanan berupa sate, yakni sate Ayam dan juga sate daging Sapi.

Pemilik dari tempat makan Pak Kempleng ini bernama Pak Sakimin atau Mbah Sakimin yang kemudian lebih di kenal dengan nama panggilan pak Kempleng. Sate Sapi Pak Kempleng memang identik dengan Kota Ungaran karena memang Pak Kempleng sendiri  berasal dari sana. Rasa sate pak Kempleng ini memang nikmat sekali terlebih - lebih sate daging sapinya terasa nampol habis rasanya.

6 Tempat Makan Tradisional Hits Dan Populer Di Semarang

Sate Sapi Pak Kempleng 8 beralamat di Ngampin Ambarawa, dimana lokasinya sangat mudah diakses karena terletak persis disisi jalan utama Semarang-Magelang. Jika Anda datang dari Semarang menuju kearah Magelang maka letaknya berada di sebelah kiri setelah Anda keluar dari jalan lingkar Bawen-Ambarawa, sekitar  50 meter maka Anda akan melihat papan namanya, dan jika Anda datang dari arah Magelang menuju Semarang maka letaknya berada di sebelah kanan sebelum anda masuk jalan lingkar Bawen-Ambarawa. 

Warung Sate Sapi Pak Kempleng 8 ini dikelola oleh ibu Sri yg merupakan salah satu cicit dari Pak Kempleng. Soal kualitas rasa dan bumbunya tetap mempertahankan rasa dan bumbu asli yang di wariskan secara turun - temurun. Jadi supaya Anda tidak penasaran silahkan datang dan nikmati rasa khas Sate Sapi Pak Kempleng asli Ungaran di Ambarawa.

Informasi Seputar Sate Pak Kempleng 8 Ambarawa

Jam buka : Jam 09.00 Wib - jam 21.00 Wib
Alamat Lengkap : Jl. Raya Ambarawa-Magelang, Krajan Atas, Ngampin, Kec. Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah 50663

Rentang harga mulai dari Rp. 50.000 (10 tusuk)

Temukan Di Google Map


5. WARUNG MAKAN "MBOK NAH" JIMBARAN SEMARANG

6 Tempat Makan Tradisional Hits Dan Populer Di Semarang

Kawasan Bandungan yang terletak di bagian selatan Kabupaten Semarang merupakan sebuah  kawasan wisata yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan baik yang berasal dari dalam negeri maupun dari mancanegara. Berbagai tempat wisata sejarah berada di kawasan ini seperti Candi Gedong Songo, Wisata Alam Dan Kolam Renang Umbul Sidomukti, New Bandungan Indah Water Park, dan masih banyak lagi obyek wisata lainnya.

Kawasan wisata Bandungan ini juga terkenal dengan berbagai macam kulinernya yang sangat enak, seperti Tahu Serasi dan Susu Kedelai yang terletak di Karanglo, Sate Kelinci, Rumah Makan Rana Rani, Mie Ayam Bakso Sopo Ngiro, Pemancingan Joko Tarub Blater, Waroeng nDeso Krasak, dan beberapa tempat makan yang lain.

Salah satu tempat wisata kuliner yang rekomended di kawasan Bandungan ini adalah Warung Makan mBok Nah. Warung sebenarnya tidak terlalu besar namun masakannya  mampu memikat hati para pelanggan untuk selalu kambali dan mampir di tempat ini. Selain enak, tentu karena harga masakan yang di jual di tempat ini sangat terjangkau oleh masyarakat sehingga mereka mau kembali lagi kesini. Lokasi warung sederhana ini berada ditanjakan atau tepatnya berada sekitar 100 meter sebelah utara pasar Jimbaran.
Salah satu menu spesial yang di jual di Warung Makan "MBok Nah" ini adalah Bubur Pecel, yang merupakan menu utama yang sangat digemari oleh orang tua maupun kalangan anak-anak muda. Perpaduan yang pas antara bubur beras putih dengan tekstur yang cukup lembut serta pecel dan sambal kacang sebagai pelengkap membuat bubur pecel tersebut sangat enak dan menggugah selera.

Informasi Seputar Warung Makan Mbok Nah Jimbaran Semarang

Jam buka : Jam 07.00 Wib - jam 12.00 Wib
Alamat Lengkap : Jl. Raya Lemah Abang KM 05 Jimbaran, Bandungan, Semarang, Central Java, Indonesia, Kluwihan, Sidomukti, Kec. Bandungan, Semarang, Jawa Tengah 50661

Rentang harga makanan mulai dari Rp. 5.000

Temukan Di Google Map


6. NASI AYAM BU WIDODO

6 Tempat Makan Tradisional Hits Dan Populer Di Semarang

Salah satu tempat makan tradisional yang hits dan populer di Semarang dengan mengususng  konsep lesehan adalah Nasi Ayam atau Nasi Liwet Bu Widodo. Lokasi warung ini berada di sisi timur laut kawasan bundaran Simpang Lima Semarang, atau dekat dengan pos jaga gabungan dekat jalan masuk  ke Mall Matahari.

Bu Widodo yang merupakan pemilik warung nasi tersebut bertempat tinggal di daerah Gajah Gayangsari Semarang. Bu Widodo sendiri  sudah  sangat jarang ikut berjualan di tempat itu. Setiap harinya yang menjaga warung tersebut adalah beberapa orang anak perempuannya. Rupanya selain berjualan ditempat tersebut, Bu Widodo juga menerima pesanan makanan untuk berbagai macam acara. Jika kebetulan Anda tertarik silahkan menghubungi nomor 082225000677.

Menu utama yang dijual di warung ini adalah nasi liwet. Untuk lauknya sendiri, Anda bisa memilih sendiri, apakah ayam bagian kepala, paha, dada, rempelo ati atau yang lainnya. Selain itu mereka juga menjual sate jeroan ayam, mendoan, dan beberapa menu yang lain. Harganya di jamin sangat terjangkau dan murah meriah.
Informasi Seputar Nasi Ayam Bu Widodo Semarang

Jam buka : Jam 17.00 Wib - jam 24.00 Wib
Alamat Lengkap : Pleburan, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah 50241

Rentang harga mulai dari Rp. 10.000

Temukan Di Google Map

Demikianlah ulasan mengenai 6 Tempat Makan Tradisional Hits Dan Populer Di Semarang. Semoga bisa menjadi referensi Anda dalam mengeksplore wisata kuliner di Semarang.


referensi : seputarsemarang.com

Post a Comment for "Wisata Kuliner Jawa Tengah-6 Tempat Makan Tradisional Hits Dan Populer Di Semarang"