Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wisata Heritage Jawa Tengah-5 Obyek Wisata Kota Lama Di Semarang Yang Hits Dan Populer


Wisata Heritage Jawa Tengah-5 Obyek Wisata Kota Lama Di Semarang Yang Hits Dan Populer

Jika DKI Jakarta memiliki kawasan wisata Heritage berupa kawasan Kota Tua, maka provinsi Jawa Tengah juga memiliki kawasan wisata heritage yang merupakan kawasan peninggalan zaman kolonialisme yakni kawasan Kota Lama Semarang. Di kawasan kota lama ini banyak sekali terdapat bangunan - bangunan zaman kolonial yang memiliki bentuk bangunan bergaya eropa.

Kawasan kota Lama di Semarang ini, kini telah di revitalisasi oleh pemerintah daerah provinsi Jawa Tengah dengan cara memugar dan merestorasi kembali bangunan - bangunan tersebut sehingga terlihat sangat indah dan menarik sekarang ini.

Kawasan kota Lama Semarang sekarang ini telah menjadi salah satu tujuan favorit bagi para wisatawan, bukan hanya wisatawan dalam negeri saja melainkan juga wisatawan yang berasal dari Mancanegara.

Mengunjungi kota Semarang rasanya tidak lengkap jika belum mendatangi dan mengeksplore tempat - tempat yang ada di kota Lama Tersebut.

Berikut ini adalah beberapa buah bangunan di Kota Lama Semarang yang cukup terkenal antara lain :

1. Gedung Marba Kota Lama Semarang

Wisata Heritage Jawa Tengah-5 Obyek Wisata Kota Lama Di Semarang Yang Hits Dan Populer


Menurut sejarah bangunan ini di bangun atas prakarsa dari seorang saudagar kaya raya yang merupakan keturunan Yaman yang bernama Marta Badjunet. Dulu gedung ini berfungsi sebagai kantor usaha pelayaran, Ekspedisi Muatan Kapal Laut atau EMKL sekarang ini. Selain itu gedung ini juga di gunakan sebagai toko yang modern dan merupakan toko modern satu – satunya yang ada pada masa itu yang bernama De Zeikel. Kemudian untuk mengenang jasanya atas pembangunan tersebut maka kemudian bangunan tersebut di beri nama “Marba” yang merupakan singkatan dari namanya yakni Marta Badjunet.

Dilihat dari ornamen dan dekorasinya, bangunan ini mengadopsi arsitektur tropis Hindia Belanda. Material dari bahan bata merah, kayu, dan sedikit besi tuang menjadi ciri khas bangunan ini. Setiap elemen seperti kolom dan jendela memiliki bentuk yang simetri dan tertata. Bangunan ini merupakan salah satu bangunan yang termegah pada masa itu.

Informasi seputar Gedung Marba Kota Lama Semarang

Jam buka : Setiap hari
Alamat Lengkap : Kota Lama Semarang, Jl. Letjen Suprapto, Kota Semarang, Jawa Tengah 50174

Temukan di Google Map


2. Restoran Spiegel Kota Lama Semarang

Wisata Heritage Jawa Tengah-5 Obyek Wisata Kota Lama Di Semarang Yang Hits Dan Populer
image : lazymidnight (reresepan.com)

Restoran Spiegel Kota Lama Semarang adalah sebuah resto yang mengusung konsep dan nuansa Eropa klasik yang memanfaatkan bangunan lama zaman kolonial Belanda. Setelah sekian lamanya bangunan tua yang tak terawat tersebut akhirnya  berhasil direnovasi dan di restorasi kembali menjadi sebuah bangunan megah dengan interior Eropa yang klasik. Bangunan Resto ini terletak di hook jalan di tengah perumahan padat penduduk.

Bagian Interior sangat klasik dan megah. Dengan perabotan yang berbahan dasar  kayu dan Meja bar di tengah ruangan berbentuk setengah lingkaran dengan beberapa bartender yang fasih meracik minuman.

Tempat ini sangat - sangat instagramable untuk Anda, karena hampir di setiap sudut bangunan yang ada sangat menarik untuk di jadikan sebagai spot berphoto.

Bangunan Restoran Spiegel Kota Lama Semarang ini  memiliki 2 lantai, dimana lantai satu di jadikan sebagai bar dan resto sementara di lantai dua hanya terdapat selazar yang berfungsi sebagai gallery foto ataupun sekedar untuk melihat dunia luar di balik jendela. 

Informasi seputar Restoran Spiegel Kota Lama Semarang

Jam buka : pukul 10.00 Wib - pukul 22.00 Wib
Alamat Lengkap : Kota Lama, Jl. Letjen Suprapto No.59, Tj. Mas, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah 50174

Temukan di Google Map


3. Gereja Blenduk Kota Lama Semarang

Wisata Heritage Jawa Tengah-5 Obyek Wisata Kota Lama Di Semarang Yang Hits Dan Populer

Gereja Blenduk atau sekarang bernama GPIB Immanuel adalah merupakan salah satu tujuan wisata heritage lainnya di kawasan kota Lama Semarang. Gereja Blenduk bisa dikunjungi wisatawan yang ingin melihat interior di dalam gereja tersebut. Gereja Blenduk ini masih digunakan sebagai tempat kebaktian umat kristen protestan sehingga khusus hari Minggu jam kunjungan di batasai yakni dari jam 1 siang hingga jam 4 sore.

Bagian yang menarik dari Gereja Blenduk ini adalah pada bagian Kubah yang terbuat dari tembaga, deretan bangku jemaat yang merupakan versi orisinil hingga pintu ganda panel kayu dan bingkai jendela gereja ialah spot cantik yang bisa diabadikan.

Lokasi dari Gereja Blenduk ini tidak jauh dari taman Srigunting yang merupakan salah satu tempat wisata juga di kota Semarang ini.

Informasi seputar Gereja Blenduk Kota Lama Semarang

Jam buka : pukul 09.00 Wib - pukul 16.00 Wib, kecuali hari Minggu pukul 13.00 Wib - pukul 16.00 Wib.
Harga Tiket Masuk : Rp. 10.000
Alamat Lengkap : Jl. Letjen Suprapto No.32, Tj. Mas, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah 50174

Temukan di Google Map


4. Galeri Semarang

Wisata Heritage Jawa Tengah-5 Obyek Wisata Kota Lama Di Semarang Yang Hits Dan Populer
image : [email protected]_gallery

Semarang Contemporary Art Gallery biasa juga disebut sebagai Galeri Semarang. Lokasinya hanya berjarak sekitar 100 meter saja dari Gereja Blenduk Kota Lama Semarang, tepatnya berada di jalan sebelah restoran Spiegel, masuk sampai mentok. Galeri ini di gunakan untuk memamerkan berbagai karya seni kontemporer mulai dari patung hingga lukisan. Pada setiap karya seni yang di pamerkan terdapat papan informasi terkait judul serta dan penjelasan singkatnya.

Bangunan ini dibangun pada 1895 oleh Tuan Addler, yakni seorang warga negara Belanda. Gaya bangunan tersebut sedikit terpengaruh oleh gaya Spanish Colonial. Bangunan ini tidak mempunyai halaman tetapi didepannya terdapat taman kota (taman srigunting) yang sekarang menjadi bangunan ex BTPN dan posisinya tepat di tepi jalan raya Let. Jend. Suprapto Kota Lama Semarang.

Informasi seputar Galery Kota Lama Semarang

Jam buka : pukul 10.00 Wib - pukul 16.30 Wib
Alamat Lengkap : Jl. Taman Srigunting No.5-6, Tj. Mas, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah 50174

Temukan di Google Map

5. Museum 3D Kota Lama Semarang

Wisata Heritage Jawa Tengah-5 Obyek Wisata Kota Lama Di Semarang Yang Hits Dan Populer

Hal yang mejadi daya tarik dari obyek wisata ini adalah koleksi gambar-gambar tiga dimensi (3D) yang terlihat sangat nyata dengan sentuhan seni modern.
Jika anda kebetulan berfoto dengan background dari salah satu gambar 3D yang ada di Old City 3D Trick Art Museum tersebut, misalnya saja Anda memilih gambar naik kapal di lautan, maka hasil dari foto anda akan terlihat seperti nyata seolah-olah anda memang berada di lautan yang luas. 

Selain itu, di Old City 3D Trick Art Museum Semarang juga tersedia wahana "omah kwalik" atau dalam bahasa Indonesia berarti "rumah terbalik", sesuatu yang tentunya sangat menarik untyuk Anda coba.

Informasi seputar Museum 3D Kota Lama Semarang

Jam buka : pukul 09.00 Wib - pukul 21.30 Wib
Harga Tiket Masuk : Rp. 50.000 per orang

Alamat Lengkap : Jalan Branjangan No.3-9, Old Town, Kota Lama, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah 50174

Temukan di Google Map

Itulah artikel mengenai 5 Obyek Wisata Kota Lama Di Semarang Yang Hits Dan Populer. Semoga bisa menjadi referensi Anda dalam mengeksplore obyek wisata di kawasan Kota Lama Semarang.


referensi:nadiaslittleadventure.blogspot.com

Post a Comment for "Wisata Heritage Jawa Tengah-5 Obyek Wisata Kota Lama Di Semarang Yang Hits Dan Populer"