Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dua (2) Tempat Wisata Religi Di Kota Tangerang Yang Populer


Dua (2) Tempat Wisata Religi Di Kota Tangerang Yang Populer
Kota Tangerang adalah kota yang mempunyai motto " AHLAKUL KARIMAH ". Sejalan dengan motto tersebut maka kota Tangerang terus menerus berusaha untuk mewujudkan suasana kota yang nyaman, aman, tentram dan juga islami bagi masyarakatnya. Walupun di sadari bahwa masyarakat kota Tangerang sangat majemuk karena terdiri dari berbagai amaca suku asli dan pendatang dan juga masyarakat keturunan Tionghoa yang sudah ada sejak zaman dahulu kala.

Di kota Tangerang terdapat dua buah masjid yang banyak di kunjungi oleh para jamaah baik yang berasal dari masyarakat kota Tangerang sendiri maupun yang berasal dari luar kota  Tangerang. Apakah nama kedua masjid tersebut ? Simak uraiannya dalam artikel berikut ini.

1. MASJID PINTU SERIBU (MASJID NURUL YAQIN)

Tahukah anda bahwa di Kota Tangerang ada sebuah masjid yang sangat unik dan terkenal karena mempunyai pintu sebanyak 1000 buah ? Ya, itulah masjid agung Nurul Yaqin atau lebih di kenal dengan nama masjid pintu seribu. Masjid Nurul Yaqin berlokasi di Kampung Bayur Kecamatan Periuk Kota Tangerang. Menurut cerita masyarakat sekitar keberadaan masjid Nurul Yaqin telah ada sejak dulu dan di bangun pada tahun 1978 yang lalu.

Masjid Nurul Yaqin setiap hari selalu ramai di kunjungi oleh jamaah yang berasal dari wilayah sekitar Kota Tangerang sendiri dan juga banyak yang berasal dari luar kota bahkan luar pulau. Selain karena merasa penasaran dengan keberadaan masjid pintu seribu ini, mereka juga ingin mengetahui asal - usul dari masjid tersebut dan menyaksikan langsung dengan mata kepala mereka sendiri tentang masjid tersebut.

Dua (2) Tempat Wisata Religi Di Kota Tangerang Yang Populer

Adalah seorang warga keturunan Arab yang bernama Syeikh Al Faqir Mahdi sebagai orang yang pertama kali mencetuskan ide dan gagasan pembangunan masjid Nurul Yaqin tersebut. Bangunan masjid berdiri di lahan yang mempunyai luas sekitar 6.375 meter persegi. Namun sayangnya sebelum masjid tersebut rampung sepenuhnya Syeikh Al Faqir Mahdi keburu wafat sehingga proses pembangunan masjid pun menjadi tersendat dan berhenti. Hal tersebut bisa kita lihat dari bangunan masjid yang tampak belum selesai di beberapa sudut masjid, sehingga di tumbuhi oleh rumput - rumput liar di sana sini.

Masjid pintu seribu atau masjid Nurul Yaqin tersebut akan terlihat makin ramai ketika menjelang dan pada saat bulan Ramadhan tiba. Banyak peziarah yang datang pada bulan Ramadhan untuk berdoa dan melihat secara langsung makam keramat Syeikh Al Faqir Mahdi. Namun sayangnya para peziarah hanya di perkenankan untuk melihat makam dari luar pintu makam dan tidak di perbolehkan masuk ke lokasi dalam makam karena di anggap keramat. Para peziarah juga di larang untuk mengambil gambar makam baik melalui video atau dengan cara memotretnya.

Alamat Lengkap Masjid Pintu Seribu :

Jl. Kampung Bayur, RT.003/RW.004, Periuk Jaya, Kec. Periuk, Kota Tangerang, Banten 15131
Temukan di Google Map 


2. MASJID RAYA AL - AZHOM

Jika kota Depok memiliki sebuah masjid yang ikonik dan sangat terkenal yakni masjid kubah emas Dian Al Mahri, maka di kota Tangerang juga memiliki sebuah masjid yang ikonik dan juga terkenal yaitu masjid Raya Al-Azhom.


Dua (2) Tempat Wisata Religi Di Kota Tangerang Yang Populer
image : instagram#masjidalazhomtangerang

Masjid Raya Al-Azhom memiliki keunikan yang tidak di miliki oleh masjid - masjid lain yang ada di Indonesia yakni masjid tersebut mempunyai kubah sebanyak lima buah. Kubah tersebut merupakan kubah masjid yang terbesar yang ada di Indonesia.

Masjid Raya Al-Azhom sendiri di design dengan gaya arsitektur khas timur tengah yang di lengkapi dengan dengan banyak sekali tulisan kaligrafi di bagian kubah nya dan juga di setiap sudut masjid. Mengutip apa yang di sampaikan oleh ketua DKM Masjid Raya AL-Azhom, KH. Chaerudin bahwa makan yang tersirat dari jumlah kubah masjid yang berjumlah lima buah adalah melambangkan rukun Islam dan juga Dasar negara Indonesia yakni Pancasila.

Bangunan masjid Raya AL-Azhom sendiri berlokasi di dekat Pusat Pemerintahan Kota Tangerang (PUSPEM). Area bangunan masjid berdiri di atas lahan yang mempunyai luas sekitar 2,25 hektar. Masjid Raya Al-Azhom sendiri mampu menampung sekitar 1500 orang jamaah.


Dua (2) Tempat Wisata Religi Di Kota Tangerang Yang Populer

Bila kita menengok ke bagian luar masjid, pada area di sekeliling masjid banyak di tanam pohon buah kurma dalam jumlah yang cukup banyak sehingga membuat suasana menjadi asri. Di sela - sela pohon kurma tersebut di buat parkir kendaraan baik roda dua maupun roda empat. 

Masjid Raya Al-Azhom sendiri juga di lengakpi dengan berbagai macam fasilitas lain seperti ruang perpustakaan masjid, kantor pengelola masjid dan banyak fasilitas lainnya.


Dua (2) Tempat Wisata Religi Di Kota Tangerang Yang Populer
image : kumparan.com

Masjid Raya Al-Azhom selalu ramai di kunjungi oleh para jamaah, baik yang beasal dari wilayah sekitar Tangerang maupun yang berasal dari luar kota bahkan banyak juga jamaah yang datang dari luar pulau jawa. Mereka rata - rata ingin melihat secara langsung kemegahan masjid yang memiliki keunikan bentuk kubah tersebut.


Dua (2) Tempat Wisata Religi Di Kota Tangerang Yang Populer
image : kumparan.com

Pada momen - momen hari - hari besar agama Islam masjid Raya Al-Azhom selalu mengadakan berbagai macam even dan kegiatan untuk memeriahkannya. sebagai contoh pada bulan Ramadhan setiap tahun selalu di adakan tabligh akbar dengan mendatangkan para penceramah yang kondang dan terkenal di Indonesia.

Pada Setiap bulan Muharam, masjid Raya Al-Azhom juga selalu mengadakan acara festival Muharam yang di dukung oleh pemerintah Kota Tangerang tentunya. Keberadaan festival tersebut selalu di nanti - nantikan oleh seluruh masyarakat muslim di kota Tangerang karena pada festival tersebut selalu di isi dengan berbagai macam kegiatan yang bernafaskan keagamaan seperti lomba Tilawah Al-Qur'an, Lomba Marawis dan sebagainya. selain tu pula pada sela - sela acara festival juga di isi dengan konser musik religi dengan mendatangkan para penyanyi religi yang sudah kondang di tanah air, misalnya Opick, Hadad Alwi, dan yang sedang di gandrungi para remaja band gambus SABYAN.


Dua (2) Tempat Wisata Religi Di Kota Tangerang Yang Populer

Jika anda ingin menikmati suasana religi dan pengalaman rohani yang cukup mengesankan maka anda bisa mengunjungi masjid Raya Al-Azhom kapan saja karena semuanya gratis. Akan makin terasa berkesan jika anda berkunjung pada saat bulan Ramadhan atau pada saat festival Muharam berlangsung.

Alamat Lengkap Masjid Raya Al Azhom :

Jl. Satria - Sudirman

RT.001/RW.001, Sukaasih

Kec. Tangerang

Kota Tangerang, Banten 15111

Temukan di Google Map 



Itulah dua tempat wisata religi di Tangerang yang sedang populer di kalangan masyarakat kota Tangerang dan sekitarnya. Silahkan berkunjung ke kedua masjid tersebut untuk mendapatkan pengalaman rohani yang cukup berkesan. anda juga bisa membawa keluarga dan juga anak - anak anda untuk mengunjungi kedua masjid tersebut.

Post a Comment for "Dua (2) Tempat Wisata Religi Di Kota Tangerang Yang Populer"