Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tempat Makan Enak di Yogyakarta

gudeg-yogya

Mungkin ada jutaan tempat makan di Yogyakarta, masing-masing menawarkan pengalaman kuliner yang luar biasa. 

5 tempat makan populer berikut ini adalah yang saya kunjungi dalam satu perjalanan tahun lalu. Saya pikir mereka pasti masih ada sampai sekarang. Beberapa tempat tersebut bahkan sudah ada sejak lama.

1. Sate Kuda (Sate Jaran)

sate-jaran-yogyakarta

Ini bahkan aneh bagi orang Indonesia pada umumnya, dan itulah salah satu alasan mengapa saya ingin mencobanya. Saya memiliki sate kuda pertama saya di perjalanan Yogyakarta saya pada tahun lalu dan berpikir bahwa itu terlalu sulit untuk dikunyah. 

Jadi ketika saya mengunjungi kembali kota yang indah ini, saya mencoba lagi hanya untuk memastikan bahwa saya tidak beruntung pertama kali. Saya mencoba restoran yang berbeda. Kali ini di Jalan Kranggan, dekat Tugu Tugu.

Saya tidak begitu menyukainya. Ini sama dengan yang saya miliki di Jalan Sudirman, terlalu sulit untuk dikunyah. Tapi itu memberi makan rasa ingin tahu saya, jadi itu luar biasa.

Saya juga mencoba tongseng kuda. Tongseng agak mirip kari tapi tidak terlalu kental. Daging kudanya lebih lembut di tongseng, mungkin karena ditenggelamkan di air kuah. 

2. Tip Top Ice Cream

Salah satu kedai es krim tertua di Indonesia, Tip Top menyajikan es krim buatan sendiri. Dikatakan didirikan sejak 1936, Tip Top telah melihat lebih banyak sejarah negara ini daripada kebanyakan dari kita. Terletak di Jalan Mangkubumi, Anda akan mudah menemukannya saat berjalan di antara Tugu Tugu dan Jalan Malioboro.

Ice cream nya lebih cepat meleleh, tapi saya suka teksturnya yang kasar.

Catatan: Tip Top memiliki jam operasional yang unik. Kalau tidak salah buka dari pagi sampai jam makan siang, kemudian tutup pada jam tidur siang, dan buka lagi sebelum gelap sampai jam 9.30 malam.

3. Restoran Bale Raos 

restoran-bali-raos

Bale Raos adalah restoran yang cukup mewah, terletak persis di sebelah Kraton (Istana). Ini menyajikan berbagai macam menu Jawa, dibangun dan didekorasi dengan gaya Jawa. 

Saya memiliki beberapa jenis makanan tetapi entah bagaimana ingatan saya gagal. Yang bisa saya ingat (dan ingat untuk mengambil foto) adalah Beer Jawa atau Bir Jawa. Ini adalah bir non-alkohol! Bir Jawa terbuat dari bahan-bahan seperti jahe, semanggi, jeruk nipis, dan lainnya. Rasanya hangat di perut.

Saya tidak bisa mengatakan banyak tentang rasa makanan. Tapi suasananya bagus, cocok untuk makan malam keluarga, oke untuk makan malam bersama teman. Agak terlalu formal untuk selera saya ketika saya sedang berlibur di Yogyakarta, tetapi mereka tidak akan menendang Anda keluar karena memakai sandal jepit dan celana pendek.

Alamat : Jl. Magangan Kulon 1, Yogyakarta Telp: 62 274 415 550 e-mail:[email protected] http://www.baleraos.com/

4. Gudeg Bu Marto

gudeg-bu-marto

Mari menjelajah di luar Gudeg Yu Jum yang terkenal. Gudeg Bu Marto adalah rekomendasi dari teman saya Arya, seorang lokal Yogyakarta. Ini adalah restoran pinggir jalan, yang terletak di ujung Jalan Kranggan, persis di seberang Pop! Hotel di Jalan AM Sangaji. 

Dilihat dari spanduk yang digantung di warung makan yang mengatakan dia menerima pesanan besar dengan nomor telepon di atasnya, saya menganggap bahwa Gudeg Bu Marto cukup populer di kota.

Rasanya enak. Tapi sekali lagi, saya suka hampir semua hidangan gudeg yang pernah saya cicipi

Catatan: Gudeg Bu Marto buka dari sekitar jam 6 pagi sampai mungkin siang.

Alamat Gudeg Bu Marto : Jalan Kranggan, Yogyakarta Telp: 62 274 521377

5. Restoran Bu Ageng

restoran-bu-ageng-yogyakarta

Salah satu yang terkenal adalah Bu Ageng adalah istri dari seorang seniman / budayawan terkenal Indonesia Butet Kertaradjasa. Namun, saya telah mendengar banyak hal baik tentang makanan juga.

Sayangnya, Arya membawa saya ke sana setelah saya baru saja makan siang, jadi saya tidak bisa mengambil makanan lagi. Sebagai gantinya, saya memilih Es Kopyor (semacam es kelapa). Tempatnya nyaman dengan nuansa Jawa dan banyak digantungkan foto-foto orang Indonesia yang terkenal, termasuk seniman, penyair, dan politisi.

Minuman yang saya minum rasanya enak. Saya pasti akan mencoba untuk makan satu atau dua di restoran Bu Ageng waktu berikutnya saya memiliki kesempatan.

Alamat Warung Masakan Omah “BU AGENG” : Jl.Tirtodipuran No. 13 Yogyakarta Telp: 62 274 387191, 6285329562888  

Itulah informasi tentang  5 Tempat Makan Populer di Yogyakarta. Semoga bermanfaat untuk para pembaca semuanya.

Post a Comment for " 5 Tempat Makan Enak di Yogyakarta"