Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Saat Bepergian ke Luar Negeri

Tips Saat Bepergian ke Luar Negeri

Serunya jalan-jalan ke luar negeri? Sebelum Anda bermimpi tentang semua pemandangan dan suara dan orang-orang dan segala sesuatu yang akan Anda alami, periksa kenyataan terlebih dahulu. Seberapa siap Anda sebenarnya? 

Ini akan sangat menguntungkan Anda jika Anda benar-benar memperbaiki semua yang perlu diperbaiki sebelum melompat ke pesawat itu, jadi tidak ada ruang tersisa untuk stres dan penyesalan begitu Anda melangkah ke negeri asing itu. 

Berikut adalah beberapa tips untuk memastikan Anda memiliki liburan impian Anda.

Sebelum Perjalanan

1. Riset Perjalanan

Pilih tujuan Anda dengan baik. Teliti lokasi spesifik yang Anda rencanakan sebelum memesan apa pun. Anda tidak pernah tahu jika penyakit tertentu saat ini sedang marak di tempat tersebut. Ingatlah bahwa kondisi lokal berubah dengan cepat. 

Menyadari status kesehatan suatu tempat sangat penting jika Anda bepergian dengan orang-orang yang lebih rentan terkena penyakit seperti anak-anak, wanita hamil, atau mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Jangan mengambil risiko – kunjungan ke rumah sakit pasti tidak termasuk dalam rencana liburan Anda.

2. Persediaan obat-obatan

Kemas banyak obat pencegahan dan imunisasi. Kit medis juga akan membantu Anda selama keadaan darurat.

3. Membiasakan diri

Kenali budaya negara yang Anda kunjungi. Mengingat hukum negara sangat penting karena satu langkah yang salah dapat membuat Anda dipenjara jika Anda tidak hati-hati. Pelajari bahasa dasar yang Anda perlukan. Memiliki gambaran umum tentang orang-orang dan cara mereka.

4. Tinggalkan detail kontak

Ingatlah untuk memberikan salinan rencana perjalanan Anda kepada keluarga atau teman Anda sehingga jika terjadi sesuatu yang tidak menguntungkan, mereka memiliki ide dimana menemukan Anda. Tinggalkan nomor kontak agar mereka juga tahu cara menghubungi Anda jika terjadi keadaan darurat.

Selama Perjalanan

1. Jaga agar barang bawaan tetap terlihat

Jangan pernah melepaskan pandangan atau genggaman Anda dari barang bawaan Anda, terutama di tempat umum.

2. Berpakaianlah dengan bijaksana

Hindari mengenakan pakaian yang mencolok dan perhiasan yang mahal, kecuali jika Anda ingin menarik pencopet. Selanjutnya, jangan membawa terlalu banyak uang atau kartu kredit yang tidak perlu.

3. Jadilah higienis

Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air hangat. Setelah seharian bepergian, pastikan pakaian Anda dicuci dengan baik untuk menghilangkan semua komponen yang tidak diinginkan yang mungkin Anda tangkap dari udara.

4. Pilih apa yang Anda konsumsi

Sebisa mungkin, hindari minum air keran, baik dalam minuman campuran atau dalam es batu. Lebih baik beli saja air mineral bermerek atau minuman rebus seperti kopi dan teh. 

Hindari makanan mentah atau mentah, karena Anda tidak pernah tahu seberapa kuat reaksi perut Anda. Saat mengonsumsi produk susu seperti susu dan keju, pastikan sudah dipasteurisasi. Jangan minum langsung dari botol atau kaleng untuk menghindari kontaminasi.

5. Kenali kedutaan Anda

Ketahui cara menghubungi kedutaan Anda di negara tersebut sehingga jika terjadi masalah, Anda dapat menghubungi mereka.

Setelah Perjalanan

Lakukan pemeriksaan kesehatan

Periksa apakah Anda telah mengembangkan gejala yang tidak biasa. Segera temui dokter Anda jika Anda melihat sesuatu yang aneh tentang tubuh Anda. Jika beberapa obat pencegahan Anda perlu diminum saat Anda kembali ke rumah, jangan lupa untuk meminumnya saat Anda kembali.

Post a Comment for " Tips Saat Bepergian ke Luar Negeri "