Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Memilih Hotel Bagus di Anyer

nuansa-bali-anyer

Indonesia kaya dengan keberadaan pantai. Hal ini wajar mengingat geografisnya terdiri dari kepulauan. Di Pulau Jawa sendiri, titik-titik pantai yang indah tersebar dari ujung barat pulau hingga ujung timur pulau. Salah satu pantai yang terkenal keindahan dan penuh kenangan sejarah yakni Pantai Anyer. Letak pantai hanya sekitar 38 km ke arah barat dari Kota Serang, Banten.

Dari pantai ini, kita bisa melihat anak gunung Krakatau. Di sekitar area ini terdapat juga mercusuar yang didirikan oleh Hindia Belanda di tahun 1855. Namanya mercusuar Cikoneng. Di tengah laut terdapat Pulau Sangiang yang terdiri dari batuan karang sebagai tempat habitat beraneka macam jenis ikan laut tropis. 

Potensi wisata yang tinggi ini membuat pembangunan akomodasi dan amenitas yang tersedia untuk kebutuhan para wisatawan ke pantai sangat pesat. Keberadaan hotel bagus di Anyer dengan berbagai kelas dan fasilitas disediakan oleh pelaku bisnis pariwisata untuk melayani kedatangan para wisatawan.

Kita semua pasti ingat dengan ‘jalan raya pos’. Jalan yang dibangun oleh pemerintah Belanda dari Anyer hingga panarukan di abad ke-19. Di anyer inilah titik awal mula pembangunan jalan yang panjangnya sekitar seribu kilometer. 

Adanya akses jalan yang memadai ini, otomatis menumbuhkan pembangunan sektor lainnya. Di sepanjang jalan pinggir pantai terdapat puluhan hotel dan resort dengan beragam jenis dan kelas. Kita bisa dengan leluasa memilih hotel dan resort yang ada sesuai dengan isi kantong.

Tips Memilih Penginapan

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh kita dalam memilih hotel bagus di Anyer, yakni berapa anggaran yang tersedia, letak penginapan berada, sarana dan prasarana, reputasi.

Anggaran

Kita harus menentukan besaran anggaran untuk mendapatkan penginapan yang diinginkan. Tentukan pula berapa lama kita akan menginap. Dari total anggaran yang tersedia ini, akan memudahkan kita dalam berburu tarif kamar hotel. 

Lakukan browsing di internet untuk mendapatkan semua informasi tentang target penginapan. Tarif kamar, waktu check-in dan check-out, potongan harga yang berlaku. Lakukan pemesanan kamar dengan cara online. 

Dengan informasi yang lengkap, tidak mustahil kita mendapatkan kamar di hotel berkelas bintang empat atau lima hanya dengan anggaran terbatas. Jadi, bukan suatu alasan karena alasan anggaran terbatas akan mendapatkan hotel berkelas melati atau kelas hostel.

Letak Penginapan

Teliti dengan seksama lokasi penginapan berada. Bagaimana caranya kita sampai ke tempat tersebut, akses jalan, alat transportasi umum yang tersedia, jarak lokasi penginapan dengan obyek wisata utama. 

Jangan sampai karena terpikat dengan harga tarif yang murah, kita malah mendapatkan lokasi penginapan yang jauh dari obyek wisata utama. Nanti, kita sendiri yang mengalami banyak kerepotan. Liburan pun jadi terasa tidak nyaman.

Fasilitas

Hotel bagus di Anyer menurut wisatawan memiliki standar ukuran yang berbeda-beda. Jika Anda liburan bersama-sama dengan orang banyak seperti teman-teman sekolah, Anda lebih baik memilih hotel sebagai tempat inap. 

Hotel bisa menampung 4-6 orang setiap kamar. Fasilitas yang tersedia juga nyaman bagi rombongan Anda. Tapi, bagi wisatawan yang menginginkan privasi lebih dan layaknya ada kebebasan seperti di rumah sendiri, pilih hotel yang menyediakan fasilitas bungalow atau villa. 

Keintiman dengan pasangan Anda akan terjaga sambil tetap menikmati pemandangan pantai dan laut di lokasi obyek wisata.

Reputasi Hotel

Saat kita browsing, perhatikan review, komentar dan komen-komen yang terposting di situs media sosial. Jangan terjebak review yang hanya terposting di laman-laman situs agen travel saja. Biasanya, review mereka hanya berisi hal-hal yang positif saja. 

Biasakan kritis melihat komen dan review yang terposting di media sosial. Review dan komen dari orang banyak yang menilai positif suatu hotel berarti reputasi hotel tersebut memang baik. Dan Anda layak memilihnya sebagai tempat menginap selama di obyek wisata Anyer.

Hotel di Anyer

Hotel bagus di Anyer mana sajakah yang layak dijadikan sebagai pilihan untuk bermalam dan refreshing? Kita bisa membuat list-nya, antara lain: hotel Marbella, Nuansa Bali, Mambruk, Kampoeng Poci, Pondok Layung Resort, Pisita, dan lainnya.

1. Hotel Marbella

marbela-hotel-anyer
credit:[email protected]_marliyanto

Marbella terletak di Jl Raya Karang Bolong Km 135, Desa Bandulu. Tidak hanya menyediakan tempat tidur untuk bermalam saja, Marbella menawarkan juga kebutuhan bagi para pebisnis dengan fasilitas ruang konvensi untuk seminar atau rapat. 

Ditambah fasilitas relaksasi untuk membuat rileks dan fresh serta perawatan badan dengan adanya fasilitas SPA. Akomodasi kamar yang tersedia antara lain studio room, deluxe suite, executive suite, master suite dan presidential suite.

Ukuran kamar yang disebutkan di atas semakin besar dan fasilitasnya juga lebih lengkap. Dengan demikian, harga sewa per kamar tiap malam juga semakin mahal. Di tempat ini tersedia juga restoran yang menyajikan berbagai menu makanan baik ala barat maupun ala timur, bar, diskotik, lobby yang nyaman dan luas, coffee shop. 

Untuk mendapatkan layanan dengan fasilitas penuh, Anda sebaiknya membuat kartu keanggotaan (membership) di hotel ini. Pihak manajemen selalu membuat program penawaran pada setiap even dalam kalender tahunan. Misal, paket liburan untuk keluarga di hari raya idul fitri dll.

2. Hotel Nuansa Bali Anyer

nuansa-bali-anyer

Nuansa Bali Anyer terletak di Jl. Raya Karang Bolong Km 133,5. Fasilitas yang bisa dinikmati antara lain: tersedia dermaga untuk menikmati langsung lanskap pantai dan laut, diskotik, kolam renang, ruang rapat, restoran, gazebo untuk bersantai dan hall yang luas. 

Di tempat ini, jika kita menginginkan suasana yang penuh privasi layaknya rumah sendiri dapat memilih tawaran bungalow. Harganya Rp 1.600.000 per malam. Harga tersebut belum termasuk tarif ekstra lainnya. 

Untuk liburan bersama keluarga, teman, rekan-rekan sekantor maupun kolega tersedia paket liburan dan pertemuan bisnis yang bisa dipilih, antara lain: one day trip, outing packages, local meeting, visitor meeting dan outbound.

3. Hotel Mambruk

mambruk-hotel-anyer

Mambruk berlokasi di Jl. Raya Karang Bolong, Desa Cikoneng. Akomodasi kamar yang tersedia terdiri dari lima tipe, antara lain: deluxe, suite, villa, alanis atau duplex dan residence. Hotel berbintang empat ini cocok untuk berlibur dan pertemuan bisnis. Luasnya sekitar 7 hektar, lanskap yang indah, tersedia 97 kamar. Terdapat bungalow bagi yang menginginkan privasi lebih.

Hotel bagus di Anyer tak hanya kelas berbintang saja. Penginapan kelas melati dan hostel layak diburu dan dipilih. Penginapan kelas melati ini tersebar di sepanjang jalan menuju Pantai Anyer. Tentu kita harus pandai-pandai memilihnya. Hal ini berkaitan dengan fasilitas yang disediakan oleh manajemen penginapan.

Tips sederhana yang berasal dari pengalaman backpacker. Tips ini memang menggelitik, tapi selalu berhasil untuk mendapatkan penginapan murah dengan fasilitas yang memadai. Tapi perlu hati-hati juga jika sedang menginap soalnya khawatir Anda salah tempat menginap. Karena banyak juga penginapan yang tampak biasa dan umum, padahal di dalamnya biasa dijadikan tempat lokalisasi.

Maka sebaiknya sebelumnya tanya pada penduduk setempat dimana tempat lokalisasi berada. Tapi, jangan menginap di dalam hotel tempat lokalisasi itu. 

Cari tempat penginapan yang agak jauh dari tempat tersebut. Dari kesan dan pandangan orang setempat terhadap kita ini, mereka biasanya akan menunjukkan tempat menginap yang baik dengan tarif sesuai anggaran.

Post a Comment for " Tips Memilih Hotel Bagus di Anyer"