Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wisata Kuliner Depok, Mie Aceh di Serambi Depok

Wisata Kuliner Depok, Mie Aceh di Serambi Depok
credit:instagram@keudeimagun_pakalwy

Mie Aceh bentuknya khas, mie basah berwarna kuning muda, tebal dan besar-besar. Wanginya juga khas, mencerminkan bumbu  rempah-rempah masakan Timur Tengah, Sumatera atau Kalimantan.  Racikan bumbu pembeda dengan masakan mie lainnya yaitu kapulaga, jinten, lada dan kari. Rasanya pedas hangat.

Konon di daerah asalnya diberi tambahan ganja sebagai penyedap. Mie Aceh, kuliner khas daerah Aceh juga menjadi Kuliner Depok yang difavoritkan. Mie Aceh disajikan dengan dengan dua tipe, kuah dan goreng, dilengkapi dengan potongan daging sapi/kambing iris, udang, taoge, kol, acar, kacang tanah dan emping.

Entah kenapa mie Aceh juga sangat populer sebagai kuliner Depok. Hampir di setiap ruas jalan terdapat  warung atau restoran yang menawarkan menu mie Aceh. Sehingga tidak salah bila ada yang  memberi julukan serambi Depok.

Pencinta mie Aceh ternyata cukup banyak dilihat dari bermunculannya tempat yang menjual kuliner jenis ini. 

mie-aceh
credit:instagram@mieacehdcut

Beberapa tempat yang menjual Mie Aceh yang direkomendasikan  adalah :

1. Pidie 2000

Rumah makan Pidie 2000 terdapat di jalan utama Kota Depok, yaitu Jalan Margonda. Pada awalnya hanya terdapat satu tempat saja, kemudian berkembang menjadi dua tempat masih di ruas jalan Margonda. Pidie 2000 yang pertama berada di sisi jalan sejajar dengan Depok Town Square, di tengah jalan Margonda.

Kemudian dibuka cabang di sisi jalan yang sejajar dengan Margo City, dekat gerbang Selamat Datang di Kota Depok. Nampaknya sang empunya ingin menangkap konsumen yang pergi ke arah meninggalkan ataupun menuju Depok.

Kendala kemacetan di Jalan Margonda, diantisipasi dengan strategi dagang yang tepat. Sebagai pionir masakan Aceh, Pidie 2000 menawarkan menu masakan mie rebus maupun goreng. Juga ditawarkan menu nasi goreng berbumbu khas Aceh.

Penganan lain adalah kue-kue khas Aceh. Minuman khas yang ditawarkan adalah teh tarik, teh yang merupakan perpaduan teh, susu dan telur yang disajikan dingin maupun hangat. Harga makanan berkisar antara Rp 12.000-16.000, sebanding dengan besarnya porsi yang ditawarkan. Harga minuman berkisar Rp 5000- 8000.

2. Pondok Bangladesh

Pondok Bangladesh terdapat di sisi jalan sejajar dengan Margocity. Bila dari arah gerbang selamat datang, posisi Pondok Bangladesh lebih ke tengah dibandingkan Pidie 2000. Menu, porsi dan harga yang ditawarkan tidak jauh berbeda dengan Pidie 2000. Selain di jalan Margonda, Pondok Bangladesh juga terdapat di jalan Raya Sawangan, di depan RS Bhakti Yudha.

3. Mie Aceh Jalan Nusantara

Melengkapi kuliner Depok untuk mie Aceh, di rumah makan ini ditawarkan menu dengan porsi yang lebih kecil dan harga yang lebih murah. Tetapi hal ini tidak menurunkan cita rasa kesedapan makanan yang ditawarkan. Harga untuk makanan berkisar Rp 9.000-15.000.

Menu utama sama seperti Pidie 2000 dan Pondok Bangladesh. Juga disediakan minuman the tarik. Lokasinya terdapat di Jalan Nusantara, di depan SMA 1 Depok. Rumah makan ini tidak terlalu besar, berkapasitas 10-12 orang.

4. Mie Aceh Pangkalan Jati

Rumah makan mie Aceh lain yang juga laris adalah mie Aceh di daerah Pangkalan Jati. Berbangunan permanen, berada di dekat Pusdiklat Imigrasi. Selain mie Aceh ditawarkan menu martabak dan roti cane. Harga untuk berkisar Rp 10.000-Rp 13.000.

Nah pecinta kuliner Depok dengan cita rasa  tasteful, selamat menikmati mie Aceh di Serambi Depok.

Post a Comment for " Wisata Kuliner Depok, Mie Aceh di Serambi Depok"