Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Liburan ke Jogja

punak-seset-pleret

Bagi para pecinta pariwisata, tak salah menjadikan Kota Jogja sebagai salah satu tujuan objek wisata di saat musim liburan tiba. Liburan ke Jogja akan memberi nuansa liburan yang berbeda dari sebelumnya. Tak cukup hanya sekali ke Jogja.

Para pengunjung yang telah melakukan liburan ke kota ini mengaku rindu Jogja, mereka ingin kembali lagi melakukan kunjungan ke kota ini. Benarkah demikian?

Paling tidak berikut ini adalah alasan - alasannya:

Jogja merupakan tujuan wisata nasional bahkan internasional yang menyimpan banyak tempat-tempat menarik untuk dikunjungi para wisatawan. Beberapa diantara lokasi menarik untuk dikunjungi di kota pelajar ini diantaranya; pantai parang teritis, candi borobudur, candi prambanan, pasar oleh-oleh malioboro dan sebagainya.

Liburan ke Jogja juga akan membawa Anda ke lingkungan ramah tamah masyarakat Jogja. Meskipun kota ini telah dihuni oleh banyak suku pendatang, namun keramahan warga asli Kota Jogja tetap terpancar dari tutur kata yang akan Anda temukan di sepanjang kota tersebut.

Suasana paling khas yang akan Anda rasakan di kota tersebut Anda nuansa ilmu pengetahuan yang cukup kental di tengah-tengah masyarakat kota Jogja. 

Bayangkan saja, seorang supir bus kota memiliki stok berbagai koran dan buku yang ia letakkan di depannya saat mengemudi. Pada saat bus berhenti di simpang lampu merah, maka si supir pun memanfaatkan waktu berhenti lampu merah tersebut untuk membaca.

Sebuah hal sederhana yang memiliki makna cukup penting bagi sebuah budaya intelektualitas. Inilah pemandangan yang jarang kita saksikan di beberapa kota lain di Indonesia. 

Di Sumatera kebanyakan kendaraan umum dilengkapi dengan berbagai musik yang berirama menghentak, sangat mengganggu kenyamanan penumpang. Dan hal ini tak akan Anda temukan di Kota Jogja.

Liburan ke Jogja memang tak cukup satu atau dua hari saja. Banyak orang merasa kangen dengan Jogja setelah mereka berkunjung ke kota tersebut. Jika Anda peminat batik dan aneka kerajinan khas jawa, tak ada salahnya Anda menyempatkan pasar oleh-oleh Malioboro. 

Di tempat ini Anda akan menemukan berbagai macam kerajinan tangan yang bernuansa batik, aneka baju dan bahan batik serta oleh-oleh khas Jogja.

Liburan ke Jogja juga akan mengantarkan Anda menikmati aneka macam makanan khas kota ini. Anda bisa membeli makanan khas seperti bakpia pathok yang dijual di sepanjang pasar Malioboro. Jika Anda peminat minuman dawet, jangan lupa menyempatkan diri untuk meminum dawet di pasar Malioboro, karena rasanya yang amat menyegarkan tenggorokan.

Atau bagi Anda peminat gudek, Anda bisa dengan mudah menemukan makanan ini di kota Jogja. Nah, jika Anda seorang peminat batik, tak ada salahnya Anda menyempatkan diri ke kompleks Candi Borobudur.

Selain bisa menikmati suasana keindahan Candi Borobudur, di sekitar kawasan ini juga dijual aneka macam kerajinan batik, pakaian batik dan sebagainya. Harganya relatif lebih murah dibanding jika Anda membelinya di Malioboro.

Liburan ke Jogja Harus Bawa Apa?

Tips Liburan ke Jogja
credit:instagram@jogja_candu.id

Jika Anda baru pertama kali hendak melakukan liburan ke Jogja, inilah beberapa hal yang mesti Anda bawa dan Anda persiapkan:

1. Mengenal budaya dan bahasa jawa

Tak ada salahnya Anda sedikit belajar bertutur kata jawa sebelum mengunjungi kota ini. Serta tradisi khas masyarakat kota Jogja yang terkenal santun dan ramah. Saat Anda sedang berada di angkutan umum, jangan kaget bila Anda diajak berbincang dengan masyarakat setempat dalam bahasa jawa.

2. Membawa kecap asin atau garam halus

Kelihatannya seperti bercanda, namun ini hal serius. Bagi Anda para wisatawan yang cukup alergi dengan rasa manis, seperti kebanyakan orang Sumatera, tak ada salahnya Anda membawa kecap asin saat berkunjung ke Kota Jogja. Sebab rata-rata masakan di daerah ini manis. 

Bersyukur jika Anda menemukan rumah makan minang, jika tidak tak ada salahnya Anda membawa sebotol kecap asin sebagai pembangkit selera makan.

Itulah ulasan singkat Tips Liburan ke Jogja. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Post a Comment for " Tips Liburan ke Jogja"