Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pesona Kawah Gunung Bromo

Pesona Kawah Gunung Bromo
credit:instagram@desy_2386

Keagungan dan keindahan gunung Bromo telah banyak mengundang decak kekaguman bagi wisatawan yang pernah berkunjung kesana. Salah satu sanjungan untuk sang paku bumi itu adalah, jangan mati sebelum melihat kawah gunung Bromo. Mungkin ada yang beranggapan kalau pujian itu terlalu berlebihan. Akan tetapi begitulah kenyataannya.

Padahal sebenarnya ini adalah ungkapan yang keluar dari mulut para turis mancanegara setelah mereka melakukan wisata alam dengan mengunjungi kawah gunung Bromo. Gunung ini memang layak dipuji karena keagungan dan keindahannya. 

Nuansa kawah gunung Bromo yang menebar kuat aroma belerang, selalu nampak elok dengan kepulan asap putih tipis yang segera menyatu dengan awan langit yang terbang rendah.

Gunung Bromo

Gunung Bromo adalah satu gunung yang terletak di pegunungan Tengger. Tinggi dari gunung ini adalah 2.392 meter di atas permukaan laut. Gunung Bromo menancap kaki-kakinya di empat kabupaten di Jawa timur, yakni Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang. 

Selain kawah bromo, daya tarik lain dari gunung ini adalah bentangan lautan pasir yang luas di sekeliling kawah gunung Bromo tersebut.

Kawah gunung bromo yang mempunyai garis tengah kurang lebih 800 meter yang memanjang mulai dari utara hingga selatan, sepanjang 600 meter dari arah timur-barat. Gunung ini memiliki daerah bahaya berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah Bromo. 

Pada bulan November kemarin, gunung tereksotik di Jawa timur ini kembali menunjukkan gelagat alamiahnya.

Kawah gunung Bromo mengeluarkan asap pekat hingga ketinggian 600 meter. Beberapa kali gempa vulkanik terjadi. Suara gemuruh terdengar seiring kian menyengatnya bau asam sulfat. 

Penduduk Bromo mengungsi hingga radius 10 km dan jumlahnya terus meningkat setelah gunung itu meletus tanggal 26 nopember 2010. Wilayah sekitarnya terus dihujani kerikil panas dan abu vulkanik.

Wisata Gunung Bromo


Pesona Kawah Gunung Bromo
credit:instagram@ukhty_mely

Sebagaimana layaknya wisata gunung, biasanya setelah gunung tersebut meletus maka jumlah wisatawan yang datang berkunjung justru meningkat. Selain melihat efek dari letusan, juga menjadi arena penelitian ilmiah. Banyak ilmu yang bisa digali disini, terutama yang terjadi dipusat letusan, yakni di kawah Bromo.

Bromo yang cantik akan segera mempersolek dirinya lagi. Namanya yang sudah mendunia, tidak terlalu sulit untuk membawa para pecintanya kembali lagi. Kawah bromo tak akan luput dari perhatian paska meletus. 

Begitu juga dengan penduduk di sekelilingnya, yang dikenal sebagai suku tengger, yang akan terus menebar senyum khasnya menyambut para wisatawan yang berkunjung kesana. Dan semua itu tidak butuh waktu yang lama..

Kabut tebal kembali mengelilingi kawah Bromo dipagi hari. Semua yang berada diatas puncaknya seperti merasa berada di negeri atas awan. Begitu sinar matahari menyentuh, maka secara perlahan - lahan kemudian kabut itu pergi dan sedikit demi sedikit tampaklah sebuah hamparan lautan pasir yang luas. Semua akan segera Anda nikmati kembali.

Punya rencana ke Jawa Timur? Jangan lupa untuk menyempatkan diri Anda mengunjungi kawah gunung Bromo yang sangat mengagumkan ini.

Alamat Lengkap: Area Gn. Bromo, Podokoyo, Tosari, Pasuruan, Jawa Timur 67177

Temukan di Google Map

Post a Comment for " Pesona Kawah Gunung Bromo"