Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Wisata Alam Jawa Timur Yang Hits Dan Populer


Wisata Alam Jawa Timur

Masih melanjutkan pembahasan tentang Wisata alam Jawa Timur pada artikel sebelumnya, maka pada kesempatan kali ini media travelling kembali akan mengulas tentang 4 Wisata Alam Jawa Timur Yang Hits Dan Populer.

Berikut ini adalah daftarnya, yaitu:

1. AIR TERJUN PITU

AIR TERJUN PITU

Air terjun Pitu merupakan salah satu obyek wisata alam Jawa Timur yang hits dan populer. Lokasi wisata ini berada di kawasan wisata Pujon Selatan Kabupaten Malang, Jawa Timur. Semenjak di kelola dengan cukup serius, kawasan wisata ini telah menjadi salah satu primadona destinasi wisata alam Jawa Timur dan mulai di kenal secara luas sekitar tahun 2014 yang lalu. Obyek wisata ini menghadirkan keasrian alam dan udara yang segar, yang akan memanjakan setiap pengunjung yang datang kesana.

Lokasi wisata Air Terjun Pitu terletak di daerah pedesaan yakni di Kecamatan tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Landscape alam di kawasan ini berupa pemandangan alam yang sangat eksotis, di padukan dengan  daerah perbukitan yang ditanami dengan phon - pohon apel yang dimiliki oleh penduduk sekitar, tanaman sayuran, tebing dan bebatuan yang sangat menarik. Terdapat pula sebuah sungai yang airnya sangat jernih dengan beberapa air terjun kecil di sepanjang jalan. Dan jika Anda sedang beruntung, maka Anda akan dapat menjumpai beberapa ekor monyet liar yang berkeliaran di sepanjang jalan.

Sumber mata air terjun Pitu berasal dari tujuh titik yang letaknya berdekatan. Besarnya debit air di Air Terjun Pitu ini sekitar 1.600 liter per detik. Masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi Air Terjun Pitu tersebut meyakini dan percaya bahwa sumber mata air terjun Pitu masih ada hubungannya dengan Gunung Bromo. Air terjun ini sering digunakan oleh masyarakat yang berasal dari luar desa sebagai tempat untuk melakukan ritual.

Pertama tiba di lokasi obyek wisata ini maka Anda akan di sambut dengan udara dingin, kelembaban dan vegetasi di sekitar yang tampak basah. Setelah itu, pengunjung akan disambut dengan air terjun yang cukup besar. Untuk mencapai lokasi air terjun Pitu, Anda harus melewati medan yang cukup berat dengan kemiringan lereng bukir sekitar 45 derajat. Kondisi tebing atau lereng bukit sendiri banyak ditumbuhi dengan tanaman merambat.

Ketika Anda sampai ke lokasi air terjun Pitu, maka rasa lelah Anda akan terbayar lunas dengan hadirnya pemandangan alam yang benar - benar menyegarkan mata dan juga pikiran Anda. Perpaduan antara keindahan alam, kedamaian, dan tantangan benar - benar akan membuat Anda merasa sangat puas bisa mencapai lokasi Air terjun Pitu tersebut.. Ketinggian air terjun di tempat ini  sekitar 70 meter  dan terlihat sangat indah.

Alamat lengkap : Desa Pujon Kidul, Pujon, Krajan, Pandesari, Malang, Jawa Timur 65391
Temukan di Google Map

2. DANAU RANU KUMBOLO

Ranu Kumbolo

Salah satu gunung yang terkenal di Provinsi Jawa Timur adalah Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Gunung Semeru merupakan gunung berapi tertinggi yang ada di pulau Jawa,. Gunung berapi ini merupakan salah satu gunung berapi aktif yang terletak di ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut. Di Gunung Semeru sendiri terdapat sebuah danau yang digunakan sebagai tempat tujuan wisata karena keindahannya, yakni Danau Ranu Kumbolo.

Danau Ranu Kumbolo ini memiliki luas sekitar 14 hektar yang terletak pada ketinggian 2400 meter di atas permukaan laut, dan berada di lereng Gunung Semeru yakni di daerah pegunungan Tengger. Perjalanan menuju ke Ranu Kumbolo adalah salah satu yang tidak bisa Anda lewatkan saat melakukan pendakian di Gunung Semeru. Danau ini sering digunakan sebagai tempat berkemah oleh para pendaki gunung yang ingin mencapai Mahameru,  yakni puncak Gunung Semeru.

Pesona Danau Ranu Kumbolo ini menyimpan banyak sekali keindahan. Bagi mereka yang datang berkunjung ke tempat ini telah disiapkan banyak tenda untuk menunggu matahari terbit dan terbenam karena pemandangannya yang sangat indah.
Pemandangan di malam haripun ternyata juga sangat  luar biasa. Bintang - bintang di langit pada malam hari dapat dilihat dengan  sangat jelas di Danau ini.

Air di Danau Ranu Kumbolo ini sangat bersih dan jernih, sehingga dapat diminum secara langsung. Namun Anda dilarang mandi di danau tersebut, membuang air limbah dan berenang di Danau tersebut. Ketika malam, suhu udara di Ranu Kumbolo dapat mencapai minus 5 derajat Celcius, oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk membawa jaket khusus untuk pendaki gunung.

Bawalah tas plastik khusus Anda sendiri untuk menampung sampah milik Anda. Jangan tinggalkan sampah di lingkungan  danau Ranu Kumbolo ini meskipun hanya sedikit saja.

Alamat lengkap : Tulungrejo, Pasrujambe, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur
Temukan di Google Map

3. COBAN SEWU

Coban Sewu

Kawasan wisata Coban Sewu berada di desa Sidomulyo, Kecamatan pengucapan, Kabupaten Lumajang. Jawa Timur.  Untuk menuju ke lokasi wisata Coban Sewu ini dapat ditempuh sekitar 2-3 jam dari Malang atau sekitar setengah jam dari Kecamatan Dampit, baik dengan menggunakan sepeda motor ataupun mobil pribadi.

Kawasan wisata alam Jawa Timur yang hits dan populer ini sangat recommended untuk Anda kunjungi. Di jamin Anda tidak akan menyesal untuk datang dan berkunjung ke tempat ini.

Kawasan wisata Coban Sewu memiliki empat jalur yang paling umum dikunjungi oleh wisatawan, yaitu:

1. Rute Pertama

Rute pertama yakni melalui desa Sidomulyo. Jalur ini sangat aman untuk dilewati, juga merupakan jalur yang terdekat dengan lokasi air terjun. Dari titik ini kita dapat melihat air terjun dari atas atau melihat air terjun dari bawah dengan turun melalui tangga yang terbuat dari bambu yang kuat dengan kombinasi dari kayu, yang cukup aman untuk dilalui. 

2. Rute Kedua

Rute kedua yang dapat Anda tempuh adalah melalui Goa tetes. Berpetualang dan menyusuri jurang batu dengan stalaktit dan stalagmit yang sangat indah. Namun demikian rute kedua ini adalah akses terjauh untuk turun menuju ke Coban Sewu. Anda terlebih dahulu harus menuruni tangga ke gua tetes sebelum kemudian turun lagi ke tepi bawah tebing dan menyusuri aliran sungai. Setelah itu Anda juga harus melakukan  trekking menyuri arus sungai sekitar 200 meter untuk mencapai ke dasar Coban Sewu.

3. Rute Ketiga

Yakni melalui Ampel Gading. Anda akan di suguhi dengan pemandangan dari atas tebing bagian Selatan air terjun Coban Sewu. Untuk Anda ketahui bahwa sisi selatan ini memiliki tebing yang  sangat curam. Meskipun memiliki struktur gabungan bambu, kayu dan rotan sebagai aksesnya, akan tetapi jalur ini tidak begitu ramah untuk para pengunjung, kecuali Anda adalah seorang petualang sejati yang pemberani.

4. Rute Keempat

Rute keempat ini yaitu melalui aliran sungai Glidik. Adrenalin Anda tentu saja akan bergejolak jika Anda harus berdiri di atas lokasi air terjun Super dengan ketinggian yang mencapai 180 meter? Jika Anda adalah seorang pemberani, Silakan untuk mencoba melalui rute ini. Panorama alam yang disajikan juga sangat menarik, terutama bagi para penggemar ketinggian. Namun, Anda tetap harus ekstra berhati-hati karena tidak ada pagar pelindung bagi pengunjung yang datang kesana.

Tips Menuju Ke Lokasi Wisata Coban Sewu

Berikut ini adalah beberapa tips dan saran yang dapat digunakan sebagai persiapan sebelum menuju lokasi wisata Coban Sewu.  Hal - hal yang perlu dan harus Anda  perhatikan adalah sebagai berikut:
  • Menggunakan sepatu gunung karena akan sangat berguna ketika Anda berjalan menuruni lereng atau tebing yang curam dan licin akibat dari banyaknya tumbuhan lumut di atasnya.
  • Ikuti petunjuk dan panduan yang sudah disediakan oleh pengelola, jangan pernah mencoba untuk menemukan cara sendiri karena rute sangat sulit untuk dilalui.
  • Simpan dan Amankan terlebih dahulu peralatan elektronik Anda, seperti handphone atau kamera digital agar aman. Bila perlu bungkus terlebih dahulu dengan plastik anti air agar tidak basah.
  • Membawa tali akan sangat membantu jika pergi dengan cara berkelompok supaya lebih aman.
  • Jangan lupa membawa makanan ringan dan air mineral, karena di sana tidak ada penjual makanan atau minuman.
Perkiraan waktu yang diperlukan untuk menuju ke lokasi Air Terjun Coban Sewu, sebagai berikut: 
  • Dari Tempeh ke Goa tetes sekitar 60 menit
  • Turun ke sungai melalui Goa tetes  sekitar 30 menit
  • Menyusuri Sungai ke lokasi Coban Sewu  sekitar 20 menit
Satu hal lagi yang harus Anda perhatikan dengan seksama adalah faktor cuaca. Usahakan ketika berkunjung kesana ketika cuaca sedang cerah, karena medan yang berbahaya ketika hari sudah gelap.

Alamat lengkap : Desa Bendosari, Kecamatan Pujon, Dadapan Wetan, Bendosari, Kec. Pujon, Malang, Jawa Timur 65391
Temukan di Google Map

4. SONGA ADVENTURE RAFTING, PROBOLINGGO


Kawasan wisata Songa Adventure Rafting Probolinggo

Kawasan wisata Songa Adventure Rafting Probolinggo merupakan salah satu tujuan wisata yang menggabungkan dua daya tarik utama alam Indonesia. Disatu sisi rafting termasuk salah satu olahraga ekstrim, akan tetapi di sepanjang aliran sungai yang di gunakan untuk kegiatan rafting tersebut memiliki keindahan alam yang luar biasa indah.

Songa merupakan salah satu tujuan wisata alam Jawa Timur yang paling populer setelah Gunung Bromo. Resort wisata Songa Rafting merupakan perjalanan petualangan menyusuri Sungai Pekalen yang berada di desa Ranu gedang, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Desa Ranu yang disebut gedang, karena di desa tersebut terdapat banyak sekali pohon pisang yang tumbuh.

Aktivitas Arung jeram Songa Probolinggo merupakan daya tarik alam yang menghadirkan pengalaman seru yang tidak akan mudah untuk di lupakan.

Aktivitas rafting di awali dari Pekalen Atas yang memiliki tingkat kesulitan lebih tinggi jika dibandingkan dengan Pekalen bawah. Mata air sungai Pakelen  bersumber dari Gunung Argopuro dengan lebar sungai sekitar 5-20 meter dan kedalaman air sekitar 1-3 meter.

Jarak dari awal mulai aktivitas rafting sampai di garis finis sekitar 12 kilometer dan di tempuh selama 3,5 jam. Jumlah jeram yang ada sekitar 50 buah seperti Selamat datang, Beard batu, Pandawa, elang, Xtravaganza, KPLA, Triple Ace, The Fly Matador, Sharks, Cucak Rowo, Rapid Long, Good Bye.

Ada tiga jenis paket yang bisa Anda pilih, yaitu:
  • Pekalen River Upper (include paket Beautiful Trip dengan jarak 12 km).
  • River Middle Pekalen (include  paket Fantastic Trip dengan jarak 7 km).
  • River Bottom Pekalen (include paket Incredible Trip dengan jarak 10 km).
Jika Anda adalah traveller yang memiliki jiwa petualang sejati, maka obyek wisata Songa ini sangat layak untuk Anda kunjungi dan Anda coba.

Alamat lengkap : Dusun Krajan 1, Condong, Gading, Probolinggo, East Java 67292
Temukan di Google Map

Itulah 4 Wisata Alam Jawa Timur Yang Hits Dan Populer. Semoga bermanfaat dan berguna serta bisa menjadi referensi untuk Anda.

1 comment for "4 Wisata Alam Jawa Timur Yang Hits Dan Populer"