Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lembah Seroja Nan Eksotis Di Kawasan Dieng Plateu


Lembah Seroja Nan Eksotis Di Kawasan Dieng Plateu
image : pexels

Media Travelling- Kawasan Lembah Seroja di dataran tinggi Dieng adalah salah satu obyek wisata alam yang menyimpan sejuta pesona karena kecantikan alamnya yang masih alami dan asli serta belum banyak di jamah oleh manusia. Ketika anda sampai di lembah Seroja anda akan merasakan kedamaian yang luar biasa. Begitu agungnya alam ciptaan Tuhan yang maha kuasa, ternyata di tempat yang terpencil seperti dataran tinggi Dieng ini menyimpan sebuah kekayaan alam yang sangat indah.  Ketika anda memandang dan menyapukan pandangan mata anda kesegala arah anda akan mendapati sebuah pemandangan landscape pegunungan yang sangat indah. Anda bisa melihat Gunung Sindoro, Gunung Bhisma, landscape pedesaan dan area pertanian sayuran yang terhampar, serta pemandangan danau Menjer yang indah membuat mata anda terpana. Itu adalah gambaran pemandangan yang akan anda dapatkan di lembah Seroja. Semua perjuangan anda untuk sampai ke lembah Seroja seakan terbayar lunas dengan apa yang anda lihat dan saksikan di sana.

Kawasan wisata Lembah Seroja sendiri, masih kurang populer di kalangan wisatawan yang datang berkunjung ke Dieng. Hal ini di sebabkan karena letaknya yang cukup sulit untuk di jangkau oleh wisatawan. Lembah Seroja sendiri berada di lereng gunung Seroja yang merupakan salah satu dari deretan pegunungan di kawasan wisata Dieng. Namun dengan tidak banyak wisatawan yang mengunjunginya justru akan membuat anda merasakan sensasi tersendiri karena anda akan merasa seakan menyatu dengan alam Lembah Seroja itu sendiri. Dengan tidak terlalu banyak pengunjung yang datang akan membuat anda merasa puas untuk menjelajahi dan mengeksplore keindahan alam di sana. Bagi anda yang suka photography Lembah Seroja sangat cocok untuk menyalurkan hobi anda. Di sana akan banyak anda jumpai spot - spot berphoto yang instagramable yang bisa anda upload ke media sosial milik anda.

Bagi anda yang menyukai petualangan atau adventure, Lembah Seroja adalah tempat yang cocok dan patut anda masukkan kedalam daftar list tempat wisata yang wajib untuk di kunjungi. Kontur tanah khas lembah di lereng gunung sangat cocok untuk memacu andrenalin anda. Untuk sampai kesana anda harus melakukan tracking dengan mendaki lereng bukit sekitar 3 km. Berjalan di jalan stapak yang biasa di lalui oleh para petani sayur di kawasan tersebut maka anda akan di suguhi pemandangan tanah pertanian sayur mayur di kanan dan kiri jalan setapak tersebut.  Anda juga akan dapat menikmati pemandangan alam danau Menjer selama tracking sebelum akhirnya anda sampai di Lembah Seroja.

Bagi anda dan para wisatawan yang ingin mengunjungi kawasan Lembah Seroja di sarankan untuk berangkat di pagi hari. Karena di pagi hari udara terasa segar dan embun pagi masih menempel di dedaunan yang membuat mata anda serasa di manjakan. 

Di kawasan Lembah Seroja, anda juga bisa menikmati saat - saat terbitnya matahari (Sunrise) yaitu munculnya matahari dari balik gunung Sindoro yang tinggi menjulang. 

Lembah Seroja Nan Eksotis Di Kawasan Dieng Plateu
image : flicker.com

Danau Menjer yang bisa anda nikmati dari Lembah Seroja adalah sebuah danau atau lebih tepatnya di sebut telaga, merupakan sebuah telaga yang terjadi akibat dari letusan gunung berapi ribuan tahun yang lalu. Akibat dari letusan gunung berapi tersebut kemudian tercipta sebuah kawah kepundan yang luas dan dalam yang kemudian terisi oleh air beberapa tahun setelahnya. Telaga Menjer adalah telaga yang paling luas dan paling dalam di daerah sekitar kabupaten Wonosobo. 

Jika anda perhatikan ternyata dari sekitar area Lembah Seroja juga tampak sebuah telaga cantik dan eksotis yaitu Telaga Menjer. Telaga  Menjer merupakan sebuah telaga  alami yang  terdalam dan terluas di area dataran tinggi Dieng Kabupaten Wonosobo. Jika anda jeli memperhatikan maka telaga Menjer memang tampak sangat mempesona dan bahkan berbentuk menyerupai simbol love,  jika dilihat dari ketinggian seperti dari Lembah Seroja ini.

Untuk anda yang menyukai hiking dan camping, di kawasan Lembah Seroja ini tersedia fasilitas dan tempat untuk mendirikan tenda - tenda untuk bermalam. Tenda - tenda tersebut secara langsung akan berhadapan dengan pemandangan Danau atau Telaga Menjer dan juga gunung Sindoro. Ketika pagi menjelang maka anda akan di suguhi kicauan satwa - satwa liar terutama burung - burung yang banyak terdapat di kawasan Lembah Seroja tersebut.

Satu hal lagi yang tidak anda lupakan, jangan lupa untuk membawa kamera. Mencoba untuk mengeksplore bakat anda di bidang photography dan Mengabadikan panorama lembah Seroja akan terasa mengasyikkan. Photo - photo hasil bidikan anda bisa anda lihat kembali di kemudian hari. 
Demikian artikel tentang panorama alam Lembah Seroja dan sekitarnya. 

Semoga bermanfaat dan berguna untuk referensi anda.
Terima kasih telah mampir ke blog saya mediatravelling.com

Post a Comment for "Lembah Seroja Nan Eksotis Di Kawasan Dieng Plateu"