Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Travelling Dan Wisata Ke Air Terjun Coban Rondo Malang Jawa Timur

Travelling Dan Wisata Ke Air Terjun Coban Rondo Malang Jawa Timur
Media Travelling- Air terjun Coban Rondo terletak di kota Malang Jawa Timur. Kawasan wisata tersebut berada di sebuah area yang berupa gunung dan berada pada ketinggian 1.135 Meter di atas permukaan air laut. Dengan letaknya yang berada di ketinggian maka lokasi air terjun Coban Rondo ini menyajikan pemandangan alam yang indah dan mempesona. Tinggi air terjun Coban Rondo mencapai 84 meter dengan air yang sangat jernih dan segar. Sumber mata air dari air terjun Coban Rondo tersebut adalah dari gunung Kawi dengan debit air yang di hasilkan antara 90 liter sampai dengan 150 liter per detik.

Dalam bahasa Jawa nama air terjun Coban Rondo berasal dari dua kata yakni Coban dan Rondo. Kata Coban mempunyai arti air terjun sedangkan kata Rondo mempunyai arti janda. Jika di artikan kedalam bahasa Indonesia maka menjadi air terjun janda.


Pemberian nama ini tentu saja mempunyai asal usul dari mana nama itu muncul.
Menurut cerita yang berkembang di masyarakat kisah air terjun Coban Rondo ini berawal dari kisah cinta sepasang kekasih yang bernama Dewi Anjarwati dan Raden Baron Kusuma. Dewi Anjarwati sendiri merupakan seorang gadis yang berasal dari daerah Gunung Kawi sementara itu Raden Baron kusuma adalah seorang pemuda yang berasal dari daerah Gunung Anjasmoro.
Hingga akhirnya suatu ketika Dewi Anjarwati ingin mendatangi tempat tinggalnya yakni di Gunung Anjasmoro bersama dengan Raden Baron Kusuma. Akan tetapi keinginan tersebut tidak mendapatkan persetujuan dari orang tua Dewi Anjarwati mengingat usia perkawinan keduanya yang belum juga genap empat puluh hari.

Travelling Dan Wisata Ke Air Terjun Coban Rondo Malang Jawa Timur
Akan tetapi meski di larang oleh kedua orang tuanya, Dewi Anjarwati dan Raden Baron Kusuma tetap memaksakan diri untuk tetap berangkat ke tempat kediaman orang tua Baron Kusuma. Menurut cerita di tengah perjalanan mereka ke gunung Anjasmoro keduanya dihadang oleh seorang pemuda yang tidak mereka kenal yang bernama Joko Lelono. Kemudian Pemuda yang tak dikenal tersebut merasa terpikat dengan kecantikan Dewi Anjarwati dan jatuh cinta kepadanya. Lalu dia berusaha untuk merebut Dewi Anjarwati dari suaminya Raden Baron Kusuma.

Kemudian terjadilah pertempuran hebat antara pemuda yang tidak dikenal tersebut dengan Raden Baron Kusuma. Sementara itu Dewi Anjarwati beserta pembantunya diminta untuk melarikan diri ke sebuah Coban (air terjun) oleh Raden Baron Kusuma.

Berhari - hari bahkan samapi berbulan - bulan lamanya Dewi Anjarwati mencemaskan suaminya dan tetap setia menunggu di lokasi air terjun tersebut. Dan sejak peristiwa pertempuran tersebut Dewi Anjarwati tidak pernah bertemu kembali dengan suaminya yakni Raden Baron Kusuma. Hingga pada akhirnya kisah ini kemudian menjadi latar belakang dari nama air terjun Coban Rondo tersebut.

Travelling Dan Wisata Ke Air Terjun Coban Rondo Malang Jawa Timur
LOKASI AIR TERJUN COBAN RONDO 
Lokasi kawasan Wisata air terjun Coban Rondo berada di Kota Batu Malang Jawa Timur atau tepatnya di jalan Coban Rondo desa Pandesari Kecamatan Pujon. Jarak tempuh perjalanan dari Malang kota ke lokasi wisata tersebut kurang lebih 20 km dan membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan dengan naik kendaraan pribadi. Sementara itu jarak dari kota Batu ke lokasi wisata kurang lebih 12 km dan memakan waktu kurang lebih 30 menit.

Untuk akses jalan menuju ke lokasi Air terjun Coban Rondo sangatlah mudah, karena terdapat banyak pilihan angkutan transportasi umum yang beroperasi menuju lokasi kawasan wisata tersebut. 

Setidaknya ada dua alternatif jalur akses untuk sampai ke lokasi wisata Coban Rondo tersebut yaitu : 

1. Naik Transportasi Umum Jika kamu menggunakan pilihan angkutan umum maka rute yang bisa kamu ambil yaitu: Berangkat dari Terminal bus Arjosari Malang maka kamu harus naik Bus jurusan Landungsari. Kemudian setelah tiba di Landungsari kamu harus melanjut kan lagi naik bus jurusan Pujon (Arah ke kota Kediri). Setelah sampai di daerah Pujon kamu bisa turun tepat di Patung Sapi. Lalu dari Patung Sapi tersebut kamu bisa naik ojek ke lokasi Air Terjun Coban Rondo. Mudah bukan ? 

2. Naik Kendaraan Pribadi Jika kamu menggunakan Kendaraan pribadi maka dari arah kota Batu kamu bisa langsung menuju Pujon. Lalu Ketika sampai di puncak perbukitan ada papan petunjuk yang menunjukkan arah wisata Air Terjun Coban Rondo. Dari situ kamu tinggal mengikuti petunjuk yang ada tersebut dan akhirnya kamu akan sampai di kawasan air terjun Coban Rondo.
Travelling Dan Wisata Ke Air Terjun Coban Rondo Malang Jawa Timur
Kawasan wisata air terjun Coban Rondo bukan hanya menawarkan keindahan alam saja namun juga menawarkan banyak permainan seru yang layak kamu coba. Di bawah ini adalah beberapa permainan yang layak untuk kamu coba di sana, diantaranya:

Wahana Fun Tubing
Apa itu Fun tubing ? Fun tubing merupakan aktivitas berenang menyusuri sungai dengan menggunakan alat bantu yakni berupa ban pelampung. Untuk dapat menikmati wahana permainan ini maka untuk setiap peserta yang ikut akan diberikan dua buah perlengkapan untuk berenang yaitu ban dan juga baju pelampung.
Tarif permainan wahana Fun Tubing ini adalah sebesar 35.000 rupiah per orang. Cukup murah dan sangat whort it dengan kesenangan yang akan kamu dapatkan.

Wahana Paint Ball
Wahana Paint Ball merupakan sebuah permainan ketangkasan dan strategi yakni berupa permainan baku tembak antar team dengan menggunakan senapan mainan dan juga peluru yang terbuat dari bahan karet. Kamu tidak perlu khawatir untuk melakukan permainan ini karena dalam melakukan permainan ini karena untuk setiap peserta telah dilengkapi dengan baju pelindung, kaca mata serta berbagai macam perlengkapan pelindung lainnya.
Harga dari permainan Paint Ball ini adalah 450.000 rupiah dengan enam orang peserta atau formasi 3 lawan 3. Cukup murah karena kalau di hitung per orang hanya membayar 75.000 rupiah saja.

Wahana Kebun Dan Satwa
Merupakan satu wahana yang cukup menarik dan menyenangkan untuk dilakukan bersama dengan anggota keluarga adalah wahana satwa dan Kebun. Di dalam wahana ini para wisatawan yang berkunjung bisa melihat beragam satwa. Selain itu para Pengunjung juga dapat mencoba beberapa fasilitas yang di sediakan seperti :
Aktivitas Berkuda, Bersepeda gunung, Outbound untuk pelajar sekolah, Outbond untuk anak - anak, permainan labirin, Kereta Kelinci, Sahabat peternak dan kegiatan memetik Apel.
Harga yang di tawarkan untuk kegiatan di atas sangat bervariasi mulai dari yang termurah yakni 25.000 rupiah sampai dengan yang termahal 1 juta rupiah.

Info Harga Tiket Masuk

Travelling Dan Wisata Ke Air Terjun Coban Rondo Malang Jawa Timur

Tarif masuk ke kawasan wisata air terjun Coban Rondo meliputi tiga macam yakni tiket masuk kawasan, tiket kendaraan dan biaya parkir. Harganya relatif murah dan terjangkau, seperti bisa kamu lihat di bawah ini :
  • Tiket masuk pengunjung domestik: Rp.8.000
  • Tiket masuk pengunjung asing: Rp.10.000
  • Tiket kendaraan roda dua: Rp.2.000
  • Tiket kendaraan roda empat: Rp. 4.000
  • Tiket kendaraan roda enam: Rp.6.000
  • Biaya parkir roda dua: Rp. 2.000
  • Biaya parkir roda empat: Rp.4.000
  • Biaya parkir roda enam: Rp. 6.000
Note: Biaya di atas adalah biaya masuk kawasan wisata air terjun Coban Rondo saja dan untuk harga tiket wahana yang lain ada ketentuan tarif sendiri seperti yang sudah saya jelaskan di atas.

Lokasi penginapan yang paling dekat dengan kawasan wisata air terjun Coban Rondo bisa kamu dapatkan di daerah Songgoriti yakni dengan jarak sekitar 5 sampai dengan 8 km. Harga atau tarif sewa penginapan di daerah tersebut relatif murah dan bersahabat yaitu berkisar mulai dari 150.000 rupiah per malam. Ada juga pilihan lain yaitu beberapa Villa untuk kamu yang akan berwisata bersama dengan keluarga. Harga sewa villa di sekitar tempat wisata tersebut mulai dari 1 jutaan dan tentunya lebih mahal dari harga sewa penginapan yang hanya 150.000 rupiah saja per malam.

Selain penginapan dan villa, buat kamu yang suka tantangan ternyata juga bisa lho berkemah di kawasan wisata ini. Pihak Pengelola kawasan wisata Coban Rondo sudah mempersiapkan tempat perkemahan atau tempat camping ground di dekat kawasan wisata ini.

Bagi para pengunjung dan wisatawan yang ingin membawakan oleh - oleh untuk anggota keluarganya dirumah bisa membelinya di toko - toko yang berada disekitar kawasan Wisata Wisata Air terjun ini. Berbagai macam jenis pernak pernik, pakaian, serta jajanan khas dapat diperoleh di toko oleh - oleh tersebut.

Selain souvenir seperti gantungan kunci dan sebagainya, di sepanjang jalan ke kawasan Coban Rondo ini juga banyak berdiri warung - warung makanan yang menjual dagangan seperti jagung bakar dan lain - lain.


Demikian artikel tentang kawasan wisata air terjun Coban Rondo di Malang Jawa Timur. Semoga bermanfaat dan bisa jadi referensi kamu sebelum berwisata ke sana.

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya.

Post a Comment for "Travelling Dan Wisata Ke Air Terjun Coban Rondo Malang Jawa Timur"