Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perkembangan Dan Kebutuhan Informasi Tentang Pariwisata Di Indonesia


Perkembangan Dan Kebutuhan Informasi Tentang Pariwisata Di Indonesia
image : pixabay

Media Travelling- Kebutuhan informasi tentang pariwisata saat ini sangat di butuhkan oleh masyarakat. Mengapa demikian? Karena saat ini masyarakat banyak mencari informasi tentang pariwisata sebelum mereka memutuskan untuk mengunjunginya. Bagaimana review tentang tempatnya, akomodasinya dan sebagainya. Hal ini tentu tidak mengherankan karena sektor pariwisata merupakan salah satu sektor pembangunan yang mampu mendongkrak perekonomian masyarakat adalah sektor atau industri pariwisata. Mengapa bisa demikian ? Hal tersebut karena sektor industri pariwisata turut melibatkan banyak sekali masyarakat dan stoke holder di dalamnya. Pengelolaan industri pariwisata akan mampu menggerakkan roda perekonomian di tengah masyarakat, sehingga ekonomi bisa berjalan dan terus tumbuh berkembang.

Oleh karena pentingnya sektor industri pariwisata ini, maka pemerintah pun kembali menghidupkan kementrian yang membidangi sektor kebudayaan dan pariwisata. Pemerintah juga membentuk badan ekonomi kreatif yang salah satu fungsinya adalah memberikan pelatihan, workshop, dan bimbingan pemasaran produk – produk Usaha Kecil Menengah ( UKM) yang banyak menopang sektor pariwisata tersebut. Tujuannya adalah agar pruduk – produk UKM tersebut bisa mempunyai nilai standar yang di inginkan konsumen atau wisatawan sehingga pada gilirannya produk – produk tersebut bisa di jual kepada mereka untuk di jadikan sebagai souvenir dan oleh – oleh. Produk UKM ini juga bisa menjadi sumber devisa bagi negara jika di beli oleh wisatawan asing yang datang berkunjung.

Kembali ke topik pariwisata, dewasa ini banyak sekali tempat – tempat wisata baru yang di buka dan kembangkan oleh Pemerintah, terutama oleh Pemerintah Daerah yaitu Provinsi dan Kabupaten Kota. Selain bertujuan untuk memberikan tambahan pemasukan bagi kas daerah tersebut (PAD), tujuannya yang lain adalah untuk menggerakkan sektor – sektor lain yang terlibat di dalamnya agar terus berkembang, misalnya sektor perhotelan, perdagangan, jasa, UKM dan sebagainya.

Sebagai contoh apa yang di lakukan oleh Pemerintah Kota Tangerang Provinsi Banten. Mengutip apa yang di sampaikan oleh Kepala dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangerang Ibu Rina Hernaningsih, bahwa kunjungan wisatawan ke kota Tangerang setiap tahun nya mengalami peningkatan sekitar 20%. Sebagai gambaran pada bulan Mei 2018 kunjungan wisatawan ke kota Tangerang telah mencapai 446.153 Orang, meningkat di banding pada periode yang sama di tahun sebelumnya.

Hal ini tentu mendorong Pemerintah Kota Tangerang untuk terus mengembangkan dan merevitalisasi tempat – tempat wisata yang ada di kota Tangerang supaya lebih bagus dan menarik wisatawan untuk datang berkunjung. Sebagai contoh dengan merevitalisasi taman – taman kota, merevitalisasi Kawasan pasar lama menjadi pusat wisata kuliner, merevitalisasi pinggiran kali Cisadane sebagai tempat hangout, dan mengadakan festival Cisadane setiap tahunnya.

Dengan terus tumbuhnya sektor pariwisata, pada akhirnya masyarakat sangat membutuhkan semua informasi yang berkaitan dengan pariwisata dengan akses yang cepat dan mudah. Itulah salah satu alasan saya untuk membuat blog tentang pesona pariwisata di Indonesia ini supaya bisa memberikan informasi yang berguna bagi masyarakat dengan cepat dan mudah.

Kebutuhan masyarakat untuk berlibur bersama keluarga di akhir pekan dewasa ini juga terus berkembang. Mereka membutuhkan waktu untuk berkumpul bersama keluarga setelah sibuk di hari kerja. Untuk itu mereka juga memerlukan referensi tempat - tempat wisata mana saja yang akan mereka kunjungi. Dan untuk informasi tersebut pulalah yang menjadi alasan utama lahirnya blog Media travelling ini yang salah satu tujuannya adalah memberikan informasi mengenai kebutuhan informasi tentang pariwisata.

Dengan mencari referensi di internet terutama situs atau blog yang mengulas informasi tentang tujuan wisata maka mereka bisa mempersiapkan segala sesuatunya dengan tepat. Misalnya di tempat wisata A terdapat fasilitas parkir yang luas maka mereka akan mudah mendapatkan tempat parkir kendaraannya dengan mudah, atau misalnya disana terdapat home stay dengan tarif yang jelas maka mereka juga bisa mempersiapkan dana atau budgetnya dengan tepat. Mereka bahkan bisa memesannya secara online tanpa perlu menunggu sampai di sana.


Jadi harapan saya blog ini nantinya bisa terus berkembang dengan menyajikan informasi yang semakin komplit dan akurat sehingga bisa menjadi referensi bagi siapa saja yang memerlukannya. Namun semuanya tentu butuh proses yang bertahap karena tidak mungkin sebuah blog akan langsung komplit baik isi artikel maupun yang lainnya. Sebuah keberhasilan tentu saja di barengi dengan kerja keras dan juga doa. Tanpa itu maka semua nya tentu akan menjadi sia - sia saja dan tidak berguna.


Demikianlah sekelumit pembahasan tentang Perkembangan sektor Industri Pariwisata, semoga bermanfaat bagi anda.

Post a Comment for "Perkembangan Dan Kebutuhan Informasi Tentang Pariwisata Di Indonesia"