Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wisata Kampung Ladang Sumedang

 

Wisata Kampung Ladang Sumedang
credit:instagram@yudiyuhadi

Kampung Ladang /Ladang View berada di puncak bukit Pasir Peti – Desa Margalaksana Sumedang. merupakan pusat wisata budaya sumedang. 

Ladang View Sumedang berupaya bersama masyarakat setempat untuk mempertahankan dan melestarikan budaya dan tata cara tradisional sunda khususnya budaya dan tradisi Sumedang.

Konsep Wisata Ladang view memperkenalkan budaya pertanian sunda / sumedang dan tradisi serta seni yang semakin lama terkikis oleh budaya import.Moto Kearifan Lokal Ditengah Budaya Global

Memiliki arti, Kemajuan teknologi dan informasi dengan tidak melupakan unsur-unsur budaya dan tradisi sehingga kita merubah jati diri sebagai bangsa yang arif dan berbudaya.

Sehingga dalam setiap kegiatan Ladang View mengutamakan unsur tradisi dan budaya tanpa melepaskan diri dari kemajuan teknologi dan informasi.

Kampoeng Ladang yang terletak di wilayah Sumedang Selatan, Desa Margalaksana memiliki panorama alam yang indah dikelilingi oleh pegunungan yang melingkari kota sumedang. Seperti Gunung tampomas, pangalawang dan sesekali tampak Gunung ciremai.

Kegiatan keseharian Masyarakat di sekitar Kampung Ladang adalah masyarakat bertani dan berladang.

Bentuk kegiatan wisata desa Kampoeng Ladang adalah integrasi antara atraksi masyarakat pertanian Desa Margalaksana, akomodasi dan fasilitas pendukung yang disajikan dalam suatu struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan tata cara dan tradisi yang berlaku. 

Seperti kegiatan menandur (tanam), membajak sawah, panen dan sebagainya, dimana partisipan/ peserta ikut terlibat langsung.

Mengenai Kuliner

Wisata Kampung Ladang Sumedang
credit:bunda_hairbeautysalon

Wilujeng sumping : sajian teh hangat dengan panganan tradisional seperti serabi atau getuk singkong atau ulen / ketan bakar

Ice breaking / pemanasan : senam ceria / fun games, pembentukan kelompok kecil / team

Kegiatan pertanian di lokasi Ladang View dan sekitarnya seperti pengenalan alam dan budaya pertanian, seperti menanam jagung / palawija, memupuk, dan memanen ( jika bertepatan dengan musim panen). seperti menanam padi, cabe pada wadah yg disediakan Ladang Team.

Mengikuti kegiatan Fun games, menggunakan permainan pedesaan seperti pelepah pinang, tarik tambang, atau permainan pedesaan lainnya.Istirahat, sholat dan makan siang dengan masakan tradisional khas Ladang View

Menu khas yang disajikan di Kampung Ladang / Ladang view adalah, makanan yg bisa disajikan masyarakat pedesaan , terutama masakan yg biasa dimasak di saung saung sawah / ladang seperti : Nasi liwet, peda bakar, rebusan lalap dan lain-lain. 

Juga masakan hantaran ke ladang / ke sawah seperti nasi timbel merah / putih, ikan bakar, ayam bakar / goreng. semua masakan di masak di dapur tradisional Dapur Hawu.


Minuman khas ladang adalah : bajigur / bandrek dan kopi ladang, yaitu kopi yang disajikan dengan menggunakan tempurung kelapa, sehingga rasa dan aroma yang keluar lebih khas dan harum.

Sajian panganan nya pun adalah panganan pedesaan yg biasa disajikan di ladang / sawah, seperti ubi rebus, singkong rebus, pisang goreng, talas goreng, semua disajikan dengan tatanan khas Kampung ladang.

Yang lebih uniknya, anda dapat secara langsung berwisata kuliner dengan memasak langsung di Dapur Hawu , sehingga aktivitas memasak di sawah / ladang akan langsung dirasakan.Wisata Budaya Ladang View – Sumedang. 

Peninggalan budaya masa lalu memberikan karakteristik dan kekayaan nilai-nilai budaya yang hingga saat ini dapat dilihat pada pola/tradisi kehidupan masyarakat .

Adanya berbagai warisan sejarah kepurbakalaan serta eksistensi sosial dan budaya yang unik dan khas di tengah masyarakat Sumedang, merupakan kekayaan budaya yang memiliki nilai daya tarik tersendiri, sebagai penunjang bagi pengembangan sektor pariwisata Sumedang.

Berlatar belakang sejarah Kota Sumedang, wilayah Sumedang , kerajaan Sumedang Larang yang didirikan oleh Praburesi Tajimalela (kurang lebih 1340 – 1350). Ditandai dengan adanya beberapa situs-situs sejarah diantaranya Monumen Lingga yang merupakan icon kota Sumedang. 

Situs Batu Kursi yang konon kabarnya merupakan peninggalan Prabu Siliwangi. Museum Geusan Ulun serta benda-benda peninggalan Kerajaan Sumedang Larang. dan sebagainya.

Eksisting budaya inilah yang memberikan fenomena unik bagi pengembangan pariwisata yang berbasis pada nilai-nilai budaya di Sumedang. Wisata budaya Sumedang dengan keunikan budaya ke-khas-an yang berbeda dengan wilayah lainnya. 

Seni pertunjukan tarian tradisional dan magis seperti Kuda Renggong, Tarawangsa, Umul Tari, Reog dan Calung.

Beberapa Seni Budaya hampir punah dan tidak dikenal oleh generasi muda Sumedang. Terutama seni dan tradisi masyarakat petani Sumedang seperti seni Gondang, Tutunggulan (menumbuk padi pasca panen) , Beluk ( persiapan lahan pertanian), bangreng dan jentreng yang memiliki unsur magis.

Post a Comment for "Wisata Kampung Ladang Sumedang"