Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lima (5) Wahana Rekreasi Pilihan Di TMII


Lima (5) Wahana Rekreasi Pilihan Di TMII
image : tamanmini.com

Mengutip dari www.tamanmini.com, bahwa fungsi keberadaan Taman Mini Indonesia Indah atau TMII, selain berfungsi sebagai Lembaga Pelestarian Budaya Indonesia, Taman Mini Indonesia Indah juga merupakan salah satu penyedia sarana pendidikan dan rekreasi dalam satu tempat sekaligus. Wahana - wahana  rekreasi tersebut antara lain adalah  Istana Anak-Anak Indonesia, Teater IMAX Keong Emas, Teater 4D'Motion, Kereta Gantung, Monorel Titihan Samirono, Taman Budaya Tionghoa Indonesia, Taman Among Putro Skyworld, Snowbay Waterpark dan Taman Legenda Keong Emas dan masih banyak lagi yang lainnya.

Berbagai jenis wahana dan fasilitas yang ada tersebut semuanya mempunyai nilai pendidikan, rekreasi dan pelestarian sekaligus pemerkaya cakrawala pengetahuan dan pewarisan nilai-nilai budaya bangsa Indonesia, Khususnya bagi kalangan generasi muda dan milenial sekarang ini.

Berikut ini adalah wahana rekreasi pilihan di TMII, antara lain :

1. Istana Anak-Anak Indonesia

Lima (5) Wahana Rekreasi Pilihan Di TMII
image : instagram@shxbila

Bangunan menyerupai bentuk sebuah istana yang biasanya ada dalam cerita - cerita dongeng Cinderella itu disebut dengan nama Istana Anak-Anak Indonesia (IAAI). Bangunan utama dari istana tersebut di beri nama Graha Widya Tama, yang  terdiri atas empat lantai dengan ruang terbuka yang berada di lantai dua. Bangunan istana ini memiliki dua buah sayap dan menara  yang menjulang tinggi ke angkasa, sebagai lambang kebersamaan anak laki-laki dan anak perempuan dalam menggapai prestasi setinggi - tingginya. 

Ketika anak-anak kita mungkin hanya terbiasa melihat istana megah di dalam cerita Cinderella saja, maka sekarang mereka bisa melihatnya langsung di Taman Mini Indonesia Indah.

Di dalam bangunan  istana ini, anak -anak akan diajak untuk melihat pameran wayang dan  juga peragaan berbagai jenis permainan tradisional khas nusantara yang khusus dibuat untuk anak-anak.

Sebagai sarana permainan dan rekreasi disediakan telpon cerita, gua sigura-gura, kincir, giring ombak, roda tamasya, dan kereta api kelinci, sementara disisi bagian belakang  istana terdapat air terjun buatan, kolam renang sendang sejodo, serta hutan buatan. 

Di dalam istana tersebut juga dipamerkan pula hasil kreatifitas anak-anak Indonesia, seperti lukisan, kerajinan tangan  dan foto-foto tentang kegiatan anak-anak.

Informasi seputar Istana Anak - Anak Indonesia (IAAI) :

Jam Operasional :
Senin - Minggu : Jam 08.30 Wib - Jam 17.00 Wib
Harga tiket  masuk : Rp. 10.000 per orang

2. Wahana Kereta Gantung
Kereta gantung(skylift) adalah perintis kendaraan untuk objek wisata di indonesia. Dengan naik kereta gantung ini maka kita bisa melihat keseluruhan arean TMII dari atas. Kereta gantung ini memiliki tiga buah stasiun yakni A, B, dan C dengan lintasan stasiun A-stasiun B dan stasiun C atau sebaliknya. Stasiun A berada di sisi sebelah timur lapangan parkir selatan di kawasan desa seni dan kerajinan, stasiun B terletak di sisi seberang anjungan papua dan dekat dengan taman burung, sedang stasiun C berada di sisi sebelah utara lapangan parkir utara atau dekat snowbay waterpark.

Lima (5) Wahana Rekreasi Pilihan Di TMII
image : instagram@elvinadiah

Informasi seputar Kereta Gantung TMII :

Jam operasional :
  • Senin - Jumat : Jam 09.00 Wib - Jam 16.30 Wib
  • Sabtu - Minggu : Jam 08.30 Wib - Jam 18.00 Wib
Harga tiket masuk : Rp. 40.000 per orang

3. Perahu Angsa Arsipel Indonesia

Lima (5) Wahana Rekreasi Pilihan Di TMII
image : instagram@budiandika74

Taman Mini Indonesia Inda (TMII) memiliki sebuah danau miniatur arsipel Indonesia yang merupakan sebuah danau di mana di dalamnya terdapat miniatur pulau-pulau yang dibuat menyerupai dengan kepulauan Indonesia yang sebenarnya.

Untuk perahu Angsanya  sendiri ada dua jenis, yaitu perahu yang menggunakan mesin dan tidak memakai mesin atau manual. Untuk perahu Angsa yang menggunakan mesin digerakkan dengan mesin untuk memutar kincir perahu, sedangkan perahu Anga manual digerakkan dengan cara dikayuh sendiri oleh penumpangnya.

Harga sewa perahu Angsa :
  • Perahu Angsa mesin : Rp. 30.000 per orang
  • Perahu Angsa manual : Rp. 20.000 per orang
Untuk setiap pemakaian sewa di batasi hanya selama 30 menit saja.

4. Wahana Sky World Indonesia 

Lima (5) Wahana Rekreasi Pilihan Di TMII
image : instagram@ika_suhadah

Wahana yang satu ini merupakan sebuah wahana rekreasi bertema edukasi yang mengusung tema kedirgantaraan yakni tentang antariksa dan aeronautika. Wahana ini sangat cocok dikunjungi oleh para pelajar agar lebih mengenal tentang kedirgantaraan terutama tentang ilmu antariksa dan aeronautika beserta dengan perkembangan teknologinya.

Di dalam wahana ini para pengunjung bisa menemukan miniatur ruang angkasa lewat Space Exhibition yang akan kita temui di dekat pintu masuknya. Jangan khawatir kalau kamu tidak paham tentang antariksa karena di dalam wahana ini akan ada pemandu yang siap untuk  memberikan informasi tentang hal - hal yang berkaitan dengan ruang angkasa.

kemudian para pengunjung bisa masuk ke dalam ruangan Planetarium yang bentuknya mirip dengan sebuah kubah masjid. Planetarium ini  bisa menampung sekitar 30 pengunjung.

Di Planetarium tersebut, kita bisa mengetahui bagaimana cara terbentuknya sebuah gugusan Bintang dan kehidupan ruang angkasa yang meliputi Matahari, Bulan, Bintang, dan Planet-planet yang ada di dalam sistim tata surya.

Informasi seputar wahana Sky World Indonesia :

Jam operasional
  • Senin - Jum'at : Jam 09.00 Wib - Jam 17.00 Wib
  • Sabtu - Minggu : Jam 08.00 Wib - Jam 17.00 Wib
Harga tiket masuk : Rp. 60.000 per orang.

5. Wahana Snowbay Waterpark

Lima (5) Wahana Rekreasi Pilihan Di TMII
image : instagram@yulieazalia

Nuansa pegunungan bersalju adalah tema yang di usung oleh wahana Snowbay park ini. Jika Anda belum pernah melihat salju maka Anda bisa berkunjung ke wahana yang satu ini. 

Ada banyak sekali fasilitas wahana air yang menyajikan berbagai macam jenis permainan dan tantangan air mulai dari yang sekedar untuk bermain dan seru-seruan bersama dengan teman atau keluarga Anda,  sampai akhirnya mencoba wahana yang lebih  menegangkan.

Informasi seputar wahana Snowbay Park TMII :

Jam operasional :
Senin - Minggu : Jam 09.00 Wib - Jam 18.00 Wib

Harga tiket masuk :
Senin - Jum'at : Rp. 140.000 per orang
Sabtu - Minggu dan hari libur nasional : Rp. 180.000 per orang.

Jika Anda dan keluarga ingin berkunjung ke wahana ini maka Anda sebaiknya membawa pakaian ganti karena nantinya Anda akan basah - basahan yang membuat baju Anda menjadi basah. Supaya liburan Anda tetap nyaman maka membawa pakaian ganti adalah solusinya.

Demikianlah artikel tentang Lima (5) Wahana Rekreasi Pilihan Di TMII, semga artikel ini bisa menjadi referensi untuk Anda.

Post a Comment for "Lima (5) Wahana Rekreasi Pilihan Di TMII"