Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Wisata Pantai Jawa Timur Yang Wajib Anda Kunjungi


Pantai Klayar Pacitan Jawa Timur
image via instagram@hodrigu

Provinsi Jawa Timur memiliki banyak sekali obyek wisata yang sangat recomended untuk Anda kunjungi. Jika di hitung mungkin jumlahnya ratusan atau bahkan ribuan yang tersebar di hampir semua Kabupaten dan Kota di Jawa Timur. Konsep yang di usungpun sangat beragam mulai dari konsep wisata edukasi, wisata keluarga, wisata kuliner, wisata alam dan juga wisata pantai.

Setelah pada artikel sebelumnya media travelling telah mempublikasikan artikel tentang 3 Tempat Wisata Alam Di Jawa Timur, maka pada kesempatan kali ini media travelling akan membagikan sebuah artikel tentang 3 Tempat Wisata Pantai Jawa Timur Yang Wajib Anda Kunjungi. Ketiga tempat wisata pantai tersebut antara lain:

1. GOA CHINA BEACH MALANG

Goa China Beach
image via instagram@heyblue2020

Kota Malang di Jawa Timur memang memiliki begitu banyak tempat wisata yang sangat indah dan mempesona. Bila selama ini kita lebih mengenal kota Malang dengan obyek wisata alamnya seperti Coban Rondo, Coban Talun, Desa wisata Pujon Kidul dan sebagainya, ternyata kota Malang juga menyimpan potensi wisata pantai yang jarang diketahui oleh banyak orang. Salah satu tempat wisata pantai di Jawa Timur yang berada di kota Malang tersebut adalah Goa China Beach.

Pantai Goa China merupakan tempat wisata pantai di pesisir selatan Jawa Timur yang berlokasi di Dusun Tumpak Awu, desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Malang, Jawa Timur. Nama asli pantai tersebut sebenarnya adalah Pantai Indah Rowo, namun kemudian seiring dengan perjalanan waktu maka kemudian pantai tersebut lebih di kenal secara luas oleh masyarakat sebagai Pantai Goa China.

Selain keasrian dan kebersihan pantai masih terjaga, pantai Goa China ini juga menyediakan lokasi berkemah bagi wisatawan yang ingin melakukan kegiatan kemping atau berkemah di alam terbuka. Karena keindahan pantainya, tidak sedikit masyarakat di daerah tersebut yang kemudian memanfaatkan lokasi wisata pantai Goa China ini untuk mengambil sesi foto Pre-Wedding. 

Namun demikian, di karenakan landscape pantai Goa China ini memiliki tebing - tebing batu yang curam, maka lokasi pantai tersebut tidak di rekomendasikan sebagai tempat berenang untuk Anda yang datang berkunjung.

Keberadaan gua di pantai ini sendiri berada di sisi kanan pantai atau sekitar 50 meter dan terletak di tebing yang cukup curam. Dikatakan sebagai Goa sebenarnya hanyalah berupa  celah batuan tebing yang menggantung sehingga memiliki rongga di bagian tengahnya dengan diameter sekitar delapan meter dan ketinggian sekitar dua meter. 

Siapapun dapat dengan mudah masuk kedalam Goa tersebut. Ruangan di dalam goa tersebut juga cukup luas dan lebar, sehingga bisa di lalui untuk dua orang yang berjalan seiringan. Dari penampilannya gua ini terlihat memiliki nilai magis yang kuat.

Selain populer dengan keberadaan goa di pantai tersebut, di sini para pengunjung dan wisatawan juga akan di suguhkan dengan sebuah fenomena alam yang langka, yaitu sebuah persimpangan gelombang yang berasal dari tiga arah yakni arah Selatan, Timur dan Barat. Bentuk gelombang tersebut selalu bertabrakan di pulau Bantengan. 

Karena arus gelombang yang begitu kuat ketika bertabrakan,  maka akan menimbulkan seara bergemuruh. Ini merupakan salah satu fenomena alam yang cukup langka di Pantai Selatan kota Malang. 

Karena ukuran ombaknya yang relatif besar dan tinggi, maka di pantai ini tidak ada perahu nelayan yang berani bersandar. Daerah pesisir pantai Goa China ini  hanya di pakai sebagai jalur lalu lintas nelayan yang akan menuju ke pantai Sendangbiru.

Fasilitas di Pantai Goa China

Beberapa jenis fasilitas yang tersedia di lokasi wisata pantai Goa China ini antara lain:
  • Restoran
  • Masjid
  • Kamar Mandi
  • Sarana MCK
  • Area parkir yang luas
Alamat lengkap pantai Goa China: Tambak, Sitiarjo, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur 65176
Temukan di Google Map

2. PANTAI BALEKAMBANG MALANG

Pantai Balekambang
image via instagram@jellyliepheling

Pantai Balekambang adalah tempat wisata pantai yang bisa Anda kunjungi selanjutnya di Jawa Timur. Pantai Balekambang berada di Srigonco, Kecamatan Batur, sekitar 65 km di sebelah selatan kota Malang, dan merupakan salah satu kawasan wisata favorit di Kabupaten Malang. 

Pantai Balekambang menyajikan landscape pantai berupa hamparan pantai yang indah di mana terdapat terumbu karang di sepanjang 2 km dengan lebar mencapai 200 meter ke arah laut.

Ada tiga buah pulau yang paling dekat dengan kawasan pantai Balekambang, yaitu pulau Ismoyo, Pulau Anoman dan pulau Wisanggeni. Tepat di puncak pulau Ismoyo, berdiri sebuah Pura megah yang disebut sebagai Pura Luhur Amertha jati, serta sebuah jembatan yang menghubungkannya dengan pantai utama Balekambang.

Pesona unggulan di pantai Balekambang adalah berupa pemandangan alamnya yang indah dan mempesona, ombak yang besar dan membentang hampir sepanjang dua kilometer, dan hamparan pasir putih yang luas. 

Hamparan pasir putih tampak bersih dari sampah sehingga nyaman bagi pengunjung untuk bermain dan melakukan aktivitas olahraga di sana. Jika Anda beruntung, ketika air pasang rendah, Anda dapat menemukan kerumunan berbagai jenis ikan hias yang berada di pinggir karang.

Pulau Wisanggeni terhubung ke pantai dan pulau Ismoyo dengan adanya Jembatan sepanjang 100 meter. Seperti sudah di katakan di atas, bahwa di pulau ini berdiri sebuah kuil Amerta Ismoyo jati atau juga dikenal sebagai Pura Ismoyo. 

Pura ini memiliki karakteristik yang berbeda dari Pura candi Hindu di Bali. Keindahan dan pesona langit yang indah di kala matahari terbenam dengan semburat warna kuning keemasan tampak sangat mempesona. 

Di pura tersebut, setiap tahun diadakan upacara adat Jalanidhipuja untuk kedua umat Hindu dan perayaan tahun baru Jawa yang selalu ditunggu  oleh para wisatawan dari berbagai daerah, termasuk juga wisatawan mancanegara.

Akses Ke Pantai Balekambang

Untuk bisa sampai ke Pantai Balekambang, Anda bisa melewati Kecamatan Gondanglegi Bantur, kemudian menuju ke desa Srigono atau melalui Kepanjen, yang semuanya dapat diakses menggunakan kendaraan pribadi, baik sepeda motor maupun mobil.

Fasilitas Di Pantai Balekambang

Pantai Balekambang memiliki beberapa fasilitas yang di bisa dinikmati oleh pengunjung yang datang. Mulai dari penjual makanan dan minuman, Restoran, Penjaga pantai, Toko souvenir, Toilet umum, hingga tempat untuk menginap. 

Bagi Anda yang suka berkemah atau camping, berkemah di Pantai Balekambang juga di perbolehkan sehingga Anda bisa menikmati keindahan  alam di pantai Balekambang ini disiang ataupun pagi hari.

Alamat lengkap pantai Balekambang: Dusun Sumber Jambe Desa Srigonco, Jl. Balekambang, Balaikambang, Sumberbening, Bantur, Malang, Jawa Timur 65179
Temukan di Google Map

3. PANTAI KLAYAR PACITAN

3 Tempat Wisata Pantai Di Jawa Timur Yang Wajib Anda Kunjungi
image via instagram@melsya_salsabila

Pantai Klayar adalah salah satu obyek wisata pantai Jawa Timur, yang sangat indah dan sangat recommended untuk Anda kunjungi. Popularitasnya memang belum seperti Pantai Kuta di Bali atau Pantai Pangandaran di Jawa Barat. 

Namun secara umum, pantai ini sudah dikenal baik di kalangan masyarakat Jawa Timur sebagai salah satu tujuan wisata pantai yang menarik, terlebih semenjak Pantai Klayar di jadikan sebagai judul lagu oleh salah satu musisi Campursari Jawa yakni Didi Kempot maka ketenaran dan popularitas pantai Klayar semakin di kenal luas.

Pesona keindahan di pantai Klayar ini memang sangat mempesona sehingga sangat layak untuk Anda masukkan ke dalam rencana perjalanan serta liburan Anda. Tapi perlu diketahui bahwa akses ke pantai Klayar ini memang agak sulit. 

Beberapa ruas jalan yang dilalui banyak yang rusak. Semoga pemerintah setempat segera memperbaiki kerusakan jalan tersebut sehingga perjalanan wisatawan ke pantai Klayar tersebut terasa menyenangkan.

Selain itu, Anda juga harus berhati - hati dan waspada ketika melewati jalanan berliku dan naik turun serta tanjakan dan turunan yang tajam.

Ketika musim liburan tiba, misalnya setelah hari raya Idul Fitri, natal maupun tahun baru, Pantai Klayar selalu ramai di kunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara.

Icon pantai Klayar adalah berupa dua buah batu setinggi pohon kelapa yang berada di sisi timur pantai Klayar. Di bagian belakang terumbu karang, terdapat terumbu karang lainnya yang bertahan dari terpaan ombak laut Selatan yang terkenal ganas. Satu hal yang paling menarik adalah bahwa diantara bebatuan tersebut terdapat batu raksasa yang sangat mirip dengan tempat wisata Tanah Lot di Bali.

Lanscpae Pantai Klayar memiliki banyak tebing yang curam. Satu hal yang perlu diingat adalah Anda tidak diperbolehkan berenang di pantai Klayar ini mengingat ombak yang relatif besar dan banyaknya tebing - tebing batu karang yang terjal dan curam.

Jika Anda mengarahkan pandangan Anda ke arah barat dari pantai Klayar ini, maka Anda dapat melihat tebing besar dan menjulang tinggi hingga mencapai 50 meter. Tebing tersebut merupakan salah satu gugusan karang di pantai Klayar.

Sunset di pantai Klayar ini juga sangat indah dan mempesona sehingga banyak wisatan yang sengaja menunggu datangnya momen tersebut untuk sekedar berphoto atau menikmati pemandangan cakrawala yang indah dan mempesona tersebut.

Alamat lengkap pantai Klayar: Jl. Pantai Klayar, Kendal, Sendang, Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63554
Temukan di Google Map

Demikianlah artikel tentang 3 Wisata Pantai Jawa Timur Yang Wajib Anda Kunjungi. Semoga bisa menjadi referensi untuk Anda jika ingin berlibur di Jawa Timur.

2 comments for "3 Wisata Pantai Jawa Timur Yang Wajib Anda Kunjungi"

  1. Gan sekarang tambah situs di adsense lagi gak bisa ya gara2 covid

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, menurut beberapa teman blogger sih begitu. Fokus ke konten dulu saja mas, mudah2 an covid cepat berlalu dan bisa add adsense lagi. Salam

      Delete